Apakah Model Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Audiovisual dapat meningkatkan Hasil Belajar yang Optimal?

Authors

  • Oktavila Nauli Sinurat Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25277

Keywords:

STAD, Audiovisual, Thematic, Cognitive Learning Outcomes

Abstract

  The low thematic learning outcomes are caused by the limitations in the use of innovative learning models and media. This study aims to analyze the effect of the STAD model combined with audiovisual media on fifth-grade students using a pre-experimental method with a one-group pretest and posttest design. The research subjects consisted of 24 students from the P5 Nias class. Data were collected through multiple-choice test instruments. The analysis results show an improvement in student scores, indicating that the STAD model assisted by audiovisual media has a positive impact on students' cognitive learning outcomes.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeniyah, W., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Putra Jaya. Jurnal Educatio, 7(3), 888–894. https://doi.org/10.31949

Afrilliyan, M., & Sahronih, S. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENINGKATAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD BUDAYA. PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 7–13. https://doi.org/10.58660/periskop.v3i1.24

Ahmad, F. A., Tawil, M., & Rusli, M. A. (2020). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII (STUDI PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA). Jurnal IPA Terpadu, 4(1), 81–89. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.14553

Ainiyyah, S., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 437–447. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p437--447

Amelia, C., & Manurung, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2848

Amin, S., Kamid, & Muhaimin. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 262–270. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12185

Andrian, D., Wahyuni, A., Ramadhan, R., Novilanti, F. R. E., & Zafrullah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, dan Motivasi Belajar. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 2(1), 65–75. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.163

Ariningsih, N. L. T., Fitriani, H., & Safnowandi. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(4), 248–261. https://doi.org/10.36312/educatoria.v3i4.214

Asri, A., & Haeril, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Terhadap Kemapuan Dasar Senam Rhytmik. Jendela Olahraga, 6(1). https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6938

Atania Sembiring, L., Oktavia, M., & Dedy, A. (2023). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SDN 234 PALEMBANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.656

Azizah, M., & Widiyanto, R. (2022). Pengaruh Media Audiovisual berbasis Youtube terhadap Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Tematik. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/10.15408/elementar.v2i1.24301

Cahyaningrum, A., & Utomo, A. C. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MEDIA CONGKLAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5885

Devi, N. S., Efendi, I., & Samsuri, T. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Berbantuan Media Video Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif. Reflection Journal, 1(1). https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.530

DURJANI, A. (2021). PENERAPAN MEDIA VIDEO DENGAN MODEL E-LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS III MI NU 33 JOHOREJO KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 69–80. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.364

Elendiana, M., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio, 7(1), 228–237. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.932

Fa Biola, G. S. I., & Patintingan, M. L. (2021). PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5805

Hakim, A. K., Yektyastuti, R., & Mawardini, A. (2022). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN2 Babakan. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2). https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58281

Handayani, N. P. R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(1). https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1). https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Hidayah, N. Z. S., Sutresna, Y., & Yulisma, L. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Penelitian di SMP IT Miftahul Huda II). J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.9121

Ihsan, Eddy, A., Syafruddin, & Nila, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Di SDN Inpres Sangiang Wera. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1), 206–2012. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i1.3192

Insiyah, L. W., & Rukmana, D. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA PLOTAGON TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 11(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14000

Irmaningrum, R. N., & Khasanah, L. A. I. U. (2021). PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 50–63. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i1.272

Juhaeroh, A. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA SOFTWARE PESONA EDU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 107–116. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4982

Jumiyanti, R. H. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIOVISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD PERMATA TEGAL ALUR. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 241–249. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i3.789

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Kasuma, Y. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Jurnal Basicedu, 7(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6123

Khairunnisa, N., Rusdin, & Arda. (2022). PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 3 AMPANA KOTA. Koordinat Jurnal MIPA, 3(1). https://doi.org/10.24239/koordinat.v3i1.34

Lubis, L. H. (2023). PENGGUNAAN VIDEO SEBAGAI MEDIA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR IT ROBBANI RANTAUPRAPAT. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 7(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v7i2.159

MACHFUD, M. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 TARAKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(3), 179–188. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i3.645

Marheni, N. K., Jampel, i N., & Suwatra, I. I. W. (2020a). Model STAD Berpengaruh terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4.

Marheni, N. K., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2020b). Model STAD Berpengaruh terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 351–361.

Murthada, & Sulubara, S. M. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Di SMP IT Muhammadiyah Takengon. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 47–54. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.659

Nofiyanti, A., & Tastar, M. Z. (2023). Penerapan Model Pembelajaran (LAPS) – Heuristic Berbantuan Worksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA Negeri 3 Pasuruan. Athena: Journal of Social, Culture and Society, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.58905/athena.v1i1.1

Nuraini, & Abidin, Z. (2020). Kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terintegratif di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 49–62. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5987

Octavia, R. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pecahan Matematika Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2519

Pitriani, N. N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Sekolah Dasar. PI-MATH-Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(1), 1–10.

Pitriani, P., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Poluakan, C. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Materi Taksiran Operasi Hitung dan Manfaat Energi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7189–7197. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.4036

Pramesti, K. A., Perdiansyah, F., & Wibisana, E. (2022). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Pemahaman Konsep IPA Kelas V SDN Cogreg I Kabupaten Tangerang Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.

Pratiwi, R., & Zulfadewina. (2022). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1247–1255. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3069

Putri, S. R., & Lena, M. S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 160. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i2.10699

Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1). https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i1.1636

Refina, N., Syafrina, A., & Vitoria, L. (2023). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 1 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Elementary Education Research, 8(1).

Rispadina, R., Rizhardi, R., & Suryani, I. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 225 PALEMBANG. JS (JURNAL SEKOLAH), 6(4). https://doi.org/10.24114/js.v6i4.38783

Saadah, F. Y., & Susanti, L. Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII MTsN 1 Jember. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 80–90. https://doi.org/10.35719/mass.v1i2.29

Sibagariang, A., Sinaga, C. V. R., & Thesalonika, E. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA I MACAM-MACAM SUMBER ENERGI DI KELAS IV SDN 091563 AFD II PAGAR JAWA. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 328–334. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2page328-334

Sipayung, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 067246 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2022/2023 (Vol. 1).

Situmorang, T., Putra, M. J. A., & Witri, G. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TATA SURYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1740–1750. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.8984

Sri Mariana Panjaitan, Yanti Arasi Sidabutar, & Natalina Purba. (2023). Pengaruh Model Pembeajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 3 Subtema 2 Keberagaman Mahkluk Hidup di Lingkungan Ku Kelas Iv SD Negeri 122357 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(4). https://doi.org/10.58540/jurpendis.v1i4.509

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ulyana, Nuroso, H., & Roshayanti, F. (2023). KEEFEKTIFAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 441–453. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1548

Umi, E. W., & Siregar, S. R. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA IV SDN 14 BUKIT BATU. Jurnal Binagogik, 10(2), 187–194. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.585

Wijaksono, G. D., & Grahita, B. (2023). Efektifitas Media Animasi Dan Video Presentasi Terhadap Tingkat Kognitif Dan Tingkat Konsentrasi. Jurnal Visual Ideas, 3(2), 99–106. https://doi.org/10.33197/visualideas.vol3.iss2.2023.1263

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02). https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Downloads

Published

2025-06-10