PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25286Abstract
Salah satu permasalahan yang mempengaruhi stimulasi kemampuan berbahasa Inggris anak di TK Negeri Pembina Tigo Nagari adalah kurangnya variasi penggunaan media. Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui bagaimana modifikasi permainan ular tangga mempengaruhi pengenalan kosakata dalam bahasa Inggris dari anak. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dan desain quasi eksperimen. Metode untuk menetapkan sampel yang dipakai yakni Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, permainan ular tangga memiliki pengaruh pada pengenalan kosakata dalam bahasa Inggris pada anak TK Negeri Pembina Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Nilai sig (2-tailed) yang besarnya 0,006 di bawah angka 0,05, maknanya Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3),2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Anggraini, V., Yulsyofriend, & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73–84.
Asadi, H., & Suryana, D. (2020). Studi Deskriptif Pengaruh Permainan Snakes and Ladders Terhadap Perkenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2993–3006.
Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners. Cambridge University Press.
Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam. Amzah.
Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216–1227.
Latifa, B., & Muryanti, E. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Lapbook Dalam Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 29–41. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.2115
Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4),2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916
Novitasari, Y., Prastyo, D., Reswari, A., & Iftitah, S. L. (2023). Kemampuan Bahasa Inggris Awal pada Periode Linguistik Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5),5343–5350. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5324
Pamungkas, Z. B., & Amin, R. F. (2021). Peran Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Di Usia “Golden Age.” Islamic Elementary School (IES), 2(1), 171–195. http://jurnal.iairmngabar.com/index.php/ies/article/view/279
Pransiska, R. (2013). Pemanfaatan It Sebagai Media Dalam Mengenalkan Bahasa Ingris Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan,13(2),107. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i2.4287
Prihatini, V. A., & Mursid, M. (2022). Implementasi Permainan Ular Tangga Raksasa dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Character Education,2(1),61–82. https://doi.org/10.21580/joecce.v2i1.10346
Qorri’aina, F. D., Haryanto, S., & Anitah, S. (2020). Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Model Pembelajaran Terpadu Modifikasi Wolfinger di Sekolah Dasar. 71–79.
Setiawati, E., Desri, M., & Solihatulmilah, E. (2019). Permainan Ular Tangga Dalam Mengingkatkan Kemampuan Moral Anak. Jurnal Petik, 5(1), 85–91. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.494
Shobikah, N. (2018). English Education for Early Childhood Learner. At-Turats, 12(1), 50–62. https://doi.org/10.24260/at-turats.v12i1.970
Untung, S. H., Pramono, I. A., Khasanah, L., Awwaluddin, A., Kholis, N., Muddin, M. I., Asnawi, A. R., & Maulana, A. R. M. (2023). The Gold Age of Childhood: Maximizing Education Efforts for Optimal Development (Vol. 1). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-052-7_30
Wahyuningsih, S., & Fitriani, F. N. (2022). Incorporating English Vocabulary Through the Use of Poster Media for Elementary School Students. Edulingua: Jurnal Linguistiks Terapan Dan Pendidikan Bahasa Inggris, 8(2), 13–22. https://doi.org/10.34001/edulingua.v8i2.2027
Yulsyofriend, Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini DAMPAK GUDGET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 25–40.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.