PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE SUGAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • muhammad farhan PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta
  • Taofik PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25321

Keywords:

Kata Kunci: Media Pembelajaran Sugam, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan   kepada   peserta   didik dalam  mengembangkan  minat  dan bakatnya.    Hal    esensial    pada Kurikulum Merdeka adalah penggabungan  mata  pelajaran  Ilmu Pengetahuan Alam  (IPA)  dan  Ilmu Pengetahuan  Sosial  (IPS)  menjadi Ilmu Pengetahuan  Alam  dan  Sosial (IPAS) (Solekahet al, 2022). dengan menerapkan media pembelajaran puzzle SUGAM. . Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur yang bertujuan untuk menggambarkan temuan berdasarkan kajian dari berbagai sumber yang relevan. Hasil kajian menunjukkan Media puzzle merupakan suatu media pembelajaran berupa potongan potongan gambar yang disusun hingga terbentuk menjadi gambar yang utuh yang berfungsi sebagai alat edukatif yang efektif untuk anak-anak. Permainan ini tidak hanya mendorong pengenalan warna dan bentuk, tetapi juga melatih kreativitas, keteraturan, dan konsentrasi. Pemilihan media puzzle selain menarik dapat memusatkan perhatian siswa. Pemanfaatan puzzle dalam pembelajaran dapat meningkatkan interaksi antara guru dan siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan kolaboratif. Oleh karena itu, pengelolaan yang tepat dalam penggunaan puzzle sangat penting untuk memaksimalkan manfaatnya dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rizki lestari ,dkk, pengembangan media berbasis video pada pembelajaran ipas materi permasalahan lingkungan di kelas V SD, jurnal ilmiah PGSD, (2023)

Neneng Widya Sopa Marwa, Herlina Usman, and Baina Qodriani, “Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran Ipas Pada Kurukulum Merdeka,” METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 18, no. 2 (2023)

An, Ahmad Arifuddin Dkk.“Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle Dengan Menggunakan Metode Demobtrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol,1, no.1, 2018.

Arikunto, Suharsimi. “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan”.Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Arikunto, Suharsimi. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Suhelayanti, dkk, buku ilmu pengetahuan alam dan sosial, (yayasan kita menulis, 2023)

Marwa, Usman, and Qodriani, “Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran Ipas Pada Kurukulum Merdeka.

Muhammad Thobroni And Arif Mustofa, Belajar & Pembelajaran, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,2013)

Dimyati and Mudjiono, Belajar & Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta,2013)

Airlanda, P. (2021). Pengembangan Media Animus dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,5(3),1683–1688.

Arifin, B., Permoni, D., dkk. (2023). Systematic Literature Review: Penggunaan Media Puzzle terhadapPemahaman Konsep IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter.

Batubara, H. H (2020) Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing

Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). Analisis Kritis Materi IPS dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

Yunita, S., & Supriatna, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa. Syntax Idea,

Downloads

Published

2025-05-29