PERAN UCAPAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25335Keywords:
Teacher speech, Self-confidence, Writing skillsAbstract
Kemampuan menulis dan rasa percaya diri adalah dua aspek krusial yang harus ditumbuhkan sejak usia dini pada peserta didik sekolah dasar, khususnya di tingkat kelas rendah. Namun, kenyataannya masih banyak peserta didik yang menghadapi kesukaran dalam menulis serta kurang memiliki rasa percaya diri. Guru sebagai tokoh sentral dalam proses pembelajaran memiliki peran penting dalam memberikan motivasi dan dukungan melalui ucapan-ucapan yang membangun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah peran ucapan guru dalam mendorong peningkatan kemampuan menulis dan kepercayaan diri siswa kelas rendah melalui studi literatur. Penelitian ini dilakukan melalui metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mengkaji sepuluh artikel ilmiah yang sesuai. Temuan dari kajian ini mengungkapkan bahwa ucapan guru yang bersifat positif, membangun, dan memotivasi mampu mendorong siswa untuk lebih percaya diri dalam mengemukakan ide melalui tulisan serta meningkatkan kualitas keterampilan menulis mereka. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan komunikasi yang suportif dan empatik agar dapat mewujudkan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan akademik dan emosional siswa.Downloads
References
Saputri, R., & Yamin, Y. (2022).
Pengaruh Model Pembelajaran
Role Playing terhadap Hasil Belajar
Dongeng pada Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4),
7275–7280.
Sarkowi, S., Widat, F., Wadifah, N. I.,
& Rohmatika, D. (2023). Increasing
Children’s Self-Confidence through
Parenting: Management
Perspective. Jurnal Obsesi: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (3),
3097–3106.
Setiani, N., & Wakinah, W. (2025).
Peran Guru Dalam Meningkatkan
Numerasi dan Literasi Sekolah
Dasar. Jurnal Wawasan
Pengembangan Pendidikan, 13 (1),
116–120.
Sidiq, F., Ayudia, I., Sarjani, T. M., &
Juliati, J. (2023). Optimalisasi
Gerakan Literasi Sekolah melalui
Desain Kelas Literasi Numerasi di
Sekolah Dasar kota Langsa.
Journal of Human And Education
(JAHE), 3 (3), 69–75.
Wanabuliandari, S., Ardianti, S. D.,
Gunarhadi, G., & Rejekiningsih, T.
(2021). Study Analysis of
Confidence Levels in Slow Learner
Students. International Journal of
Elementary Education, 5 (4), 584.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.