PERAN UCAPAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tsabita Khansa Kinanthi Universitas Negeri Jakarta
  • Arifin Maksum Universitas Negeri Jakarta
  • Anggit Aruwiyantoko Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25335

Keywords:

Teacher speech, Self-confidence, Writing skills

Abstract

Kemampuan menulis dan rasa percaya diri adalah dua aspek krusial yang harus ditumbuhkan sejak usia dini pada peserta didik sekolah dasar, khususnya di tingkat kelas rendah. Namun, kenyataannya masih banyak peserta didik yang menghadapi kesukaran dalam menulis serta kurang memiliki rasa percaya diri. Guru sebagai tokoh sentral dalam proses pembelajaran memiliki peran penting dalam memberikan motivasi dan dukungan melalui ucapan-ucapan yang membangun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah peran ucapan guru dalam mendorong peningkatan kemampuan menulis dan kepercayaan diri siswa kelas rendah melalui studi literatur. Penelitian ini dilakukan melalui metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mengkaji sepuluh artikel ilmiah yang sesuai. Temuan dari kajian ini mengungkapkan bahwa ucapan guru yang bersifat positif, membangun, dan memotivasi mampu mendorong siswa untuk lebih percaya diri dalam mengemukakan ide melalui tulisan serta meningkatkan kualitas keterampilan menulis mereka. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan komunikasi yang suportif dan empatik agar dapat mewujudkan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan akademik dan emosional siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Saputri, R., & Yamin, Y. (2022).

Pengaruh Model Pembelajaran

Role Playing terhadap Hasil Belajar

Dongeng pada Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4),

7275–7280.

Sarkowi, S., Widat, F., Wadifah, N. I.,

& Rohmatika, D. (2023). Increasing

Children’s Self-Confidence through

Parenting: Management

Perspective. Jurnal Obsesi: Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (3),

3097–3106.

Setiani, N., & Wakinah, W. (2025).

Peran Guru Dalam Meningkatkan

Numerasi dan Literasi Sekolah

Dasar. Jurnal Wawasan

Pengembangan Pendidikan, 13 (1),

116–120.

Sidiq, F., Ayudia, I., Sarjani, T. M., &

Juliati, J. (2023). Optimalisasi

Gerakan Literasi Sekolah melalui

Desain Kelas Literasi Numerasi di

Sekolah Dasar kota Langsa.

Journal of Human And Education

(JAHE), 3 (3), 69–75.

Wanabuliandari, S., Ardianti, S. D.,

Gunarhadi, G., & Rejekiningsih, T.

(2021). Study Analysis of

Confidence Levels in Slow Learner

Students. International Journal of

Elementary Education, 5 (4), 584.

Downloads

Published

2025-06-12

Most read articles by the same author(s)