PERBANDINGAN STUDI EKSPERIMENTAL DAN NON-EKSPERIMENTAL DALAM PENELITIAN PJBL: SUATU TINJAUAN SISTEMATIS

Authors

  • hifnifajriani hifni001 universitas sultan ageng tirtayasa
  • Asti Hardianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Nur Syamsiah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lukmanul Hakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25338

Keywords:

clothing civilization, project based learning, curiosity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan membandingkan efektivitas serta karakteristik metodologis studi eksperimental dan non-eksperimental dalam konteks Project-Based Learning (PjBL). Melalui pendekatan tinjauan sistematis, 20 artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2013–2024 dikaji berdasarkan kriteria inklusi yang ketat, mencakup desain penelitian, ukuran sampel, teknik analisis, serta hasil pembelajaran yang diukur. Temuan menunjukkan bahwa studi eksperimental lebih cenderung menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan kontrol yang kuat terhadap variabel luar, dan seringkali menghasilkan bukti kausal yang lebih kuat terkait efektivitas PjBL. Sebaliknya, studi non-eksperimental, seperti studi deskriptif dan korelasional, memberikan wawasan kontekstual yang lebih luas namun memiliki keterbatasan dalam inferensi kausal. Tinjauan ini menyimpulkan bahwa pemilihan pendekatan metodologis dalam penelitian PjBL harus disesuaikan dengan tujuan penelitian, sumber daya yang tersedia, serta konteks pendidikan yang diteliti. Studi ini memberikan rekomendasi untuk peneliti dan praktisi pendidikan dalam merancang studi PjBL yang lebih valid, reliabel, dan aplikatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adolph, R. (2016). Project-Based Learning in Science Education: A Meta-Analysis Study. 4(3), 1–23.

Altatri Adelisha, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Tambusa, 8(1), 2442–2452.

Amir, A. A. (2021). Kesiapan Dunia Pendidikan terhadap Modernisasi Pendidikan di Masa Pandemi: Perspektif Pedagogi Kritis. Jurnal Iain Pare, 3(1), 1–9. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/latihan/article/view/2046%0Ahttp://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/latihan/article/download/2046/1552

Aradottir, E., Alonso, E. M., & Shulman, S. T. (2019). International Journal of Learning, Teaching And Educational Research. International Journal of Learning, 20(4), 459–464.

Bell, S. (2016). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI MATA PELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 KURIPAN KOTA AGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. Devia Afitri, 33(1), 1–12.

Biazus, M. de O., & Mahtari, S. (2020). The Impact of Project-Based Learning (PjBL) Model on Secondary Students’ Creative Thinking Skills. International Journal of Essential Competencies in Education, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.36312/ijece.v1i1.752

Chang, H. Y., Binali, T., Liang, J. C., Chiou, G. L., Cheng, K. H., Lee, S. W. Y., & Tsai, C. C. (2022). Ten years of augmented reality in education: A meta-analysis of (quasi-) experimental studies to investigate the impact. Computers and Education, 191(May), 104641. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104641

Chastanti, I., Layyinnati, I., Srimulat, F. E., Fiqri, C. I., Syafriyeti, R., Afriani, D. T., Ernawati, E., & Jannah, N. (2017). Inovasi Pembelajarana dan Pendidikan Teknologi untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Dhini, D. A., Rafiadilla, J., Novita, L., Artikel, I., Kata, A., & Berpikir, K. (2024). Efektivitas Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Journal Pedia, 208–219.

Habibah, U. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Projec Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Smk Al Musyawirin. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(4), 770–782. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i4.661

Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21. Kementrian pendidikan dan kebudayaan.

I Gede Yudha Septiana, et. a. (2022). Interactive Multimedia Based on Articulate Storylines in the Topic of Plant Anatomy and Physiology. In International Journal of Elementary Education: Vol. 6 (2).

Issa, H. B., & Khataibeh, A. (2013). The Effect of Using Project Based Learning on Improving the Critical Thinking among Upper Basic Students from Teachers’ Perspectives. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 11(2), 52–57. https://doi.org/10.14527/pegegog.2021.00

Nurbaiti, K. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) melalui Media Instagram Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreativitas Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Negeri 1 Bandongan. Unditar, 73–75.

Nurhasnah, N., Festiyed, F., Asrizal, A., & Desnita, D. (2022). Project-Based Learning in Science Education: A Meta-Analysis Study. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(1), 198–206. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i1.pp198-206

Putri, V. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Parung. Skripsi, 3(November), 1–277. http://semnasfis.unimed.ac.id2549-435x

Rahayuningsih, S., Nurasrawati, & Muhammad Nurhusain. (2022). Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Konvensional: Studi Pada Siswa Menengah Pertama. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(2), 118–129. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i2.654

Ramadayanti, N., Muderawan, I. W., & Tika, I, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 3(2), 194–204.

Ramadhan. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem-based Learning pada Topik Sumber Energi untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Sajiem Journal Unbaja, 27(1).

Sassa, K., Konagai, K., Tiwari, B., & Sassa, S. (2022). Progress in Landslide Research and Technology. In Progress in Landslide Research and Technology (Vol. 1, Issue 1).

Suaidiah, S., Jamaluddin, J., & Hardiana, H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Biologi di SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 278–284. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1883

Ulfa, J. S. (2016). Peranan Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dengan metode PJBL Pada Siswa DI MTS Mazaakhirah Baramuli Kelas VIII Pinrang. 1–23. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/latihan/article/view/1709

Ummah, M. S. (2019). KESIAPAN DUNIA PENDIDIKAN BERBASIS PJBL TERHADAP PENDIDIKAN DI MASA DATANG DI INDONESIA. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Yusri, A. Z. dan D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Kalibagor. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Downloads

Published

2025-06-09