PENERAPAN MEDIA MIND MAPPING DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 51 KOTA BIMA

Authors

  • Nur Hasanah Universitas Muhammadiyah Bima
  • Ahmadin Universitas Muhammadiyah Bima
  • Aris iwansyah Universitas Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25368

Keywords:

Mind mapping digital, Berpikir kritis, Pembelajaran IPAS

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial ( IPAS), yang ditandai dengan kurangnya partisipasi siswa dalam bertanya, berdiskusi, menganalisis imformasi, serta keterampilan menyampaikan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kela V melalui penerapan media mind mapping digital dalam proses pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yag dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 51 Kota Bima yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, Angket/kuesioner, tes, dokumentasi, refleksi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkann bahwa penggunaan media mind mapping digital dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada siklus I, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori cukup dengan persentase ketuntasan sebesar 55%. Setelah dilakukan perbaikan pembelajatan pada siklus II, rata-rata kemampuan berpikir kritis meningkat dengan persentase ketuntasan mencapai 90% berada pada kategori baik. Dengan demikian, penerapan media mind mapping digital terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS. Media ini mendorong siswa untuk leboh aktif, berpikir logis, dan mampu mengorganisasikan informasi secara visual dan sistematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amami, D. Y., & Wahyuni, L. (2022). Media Konstruksi Berpikir Kritis Berbasis Praktik Literasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Era Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 71–84.

Andriani, T., & Sari, D. D. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar pada Muatan IPAS (Ilmu Pengetuan Alam Dan Sosial) di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 381–396.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (1998). Action Research Planner Book. In Springer Science+Bussiness Media Singapore.

Noorhapizah, N., Diani Ayu Pratiwi, & Karmilla Ramadhanty. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Smart Model Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 613–624.

Nurjanah, U., Setyowati, N., Prasetyo, P., Fahrurrozi, F., & Muktamar, Z. (2021). Weed growth and sweet corn yield as affected by planting patterns and mulch types in organic farming practice. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 694(1).

Twiningsih, A., Retnawati, H., & Cahyandaru, P. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran IPA pada siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2), 59–69.

Downloads

Published

2025-06-09

Most read articles by the same author(s)