Analisis Dukungan Orang Tua Terhadap Keterlambatan Membaca Siswa Kelas II di SDN PAKIS V SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25390Keywords:
Dukungan orang tua, keterlambatan membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan orang tua terhadap keterlambatan membaca siswa kelas II-C SDN Pakis V Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, serta sumber data berupa wawancara, observasi, dokumentasi serta tes membaca saat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 31 orang, yaitu 26 siswa kelas II-C, 4 orang tua siswa yang mengalami keterlambatan membaca dan 1 wali kelas II-C. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa dari 26 siswa kelas II-C terdapat 4 siswa yang mengalami keterlambatan membaca yang dipengaruhi oleh orang tua sibuk bekerja dan juga faktor perceraian orang tua, yang menjadikan anak kurang dukungan atau motivasi dari orang tua, sehingga perhatian terhadap perkembangan membaca anak menjadi rendah. Selain itu minat baca siswa yang rendah, kekurangan bahan bacaan yang menarik, serta kurangnya rasa percaya diri juga mempengaruhi keterlambatan membaca anak, Upaya sekolah untuk mengatasi masalah ini dilakukan dengan melibatkan orang tua dalam pelatihan serta menyarankan pemberian bimbingan yang rutin dirumah, dan pemberian motivasi serta hadiah agar anak anak lebih semangat membaca.Downloads
References
Astriani, D., Savitri, D., Estiningtyas, T. C., & Oktafiani, T. (2024). Analisis Peran Orang Tua pada Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN Pisangan Baru 07 Kota Jakarta Timur. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(3), 283–291. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i3.1854
Astuti, R. W., & Setiawan, B. (2020). Dampak Kesulitan Belajar Membaca Permulaan terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 40-52.
Azis, M., & Adila, N. S. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan PAUD Di Kelompok Bermain Fun Islamic School. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 100–110.
Demu, M. M. A. T., Lina, V. B., Seda, H. Y., Mone, C., & Kaku, V. (2023). Peran Orang tua dalam Meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia sekolah dasar. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1062–1069. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i4.1741
Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: jurnal riset pedagogik, 4(1), 94–107. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937
Galuh, G. A. M., Artharina, F. P., & Dwijayanti, I. (2023). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri Tambakrejo 01. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4721–4730. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1133
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis kemampuan membaca permulaan dan kesulitan yang dihadapi siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Kartika, W., Nurhayati, S., & Haryati, S. (2022). Analisis Peran Orang Tua terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 6531–6535. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6523
Maghfiroh, F., Sholikhah, H. A., & Sofyan, F. A. (2019). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 5(1), 95–105. https://doi.org/10.19109/jip.v5i1.3272
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Los Angeles: Sage Publications.
Rahim, F. (2018). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmawati, F. N., & Susanto, R. (2019). Hubungan antara Keterlibatan Orang Tua dengan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Awal SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 255-265.
Ridiyanto, R., Cahyani, B. H., Khosiyono, B. H. C., & Nisa, A. F. (2024). Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Membaca Permulaan di Kelas Rendah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1386–1398. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11118
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Sleman: Deepublish.
Sari, D. P., & Wulansari, A. D. (2023). Optimalisasi Dukungan Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(2), 210-220.
Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19: Perspektif Pendidikan. Bali: Yayasan Kita Menulis.
Trisnawati, W., & Sugito. (2021). Pendidikan anak dalam keluarga era covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710
Udhiyanasari, K. Y. (2019). Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II di SDN Manahan Surakarta. Speed Journal: Journal of Special Education, 3(1), 39–50.
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan orangtua dalam pendampingan belajar anak selama masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.