PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOZEPAS (MONOPOLI PUZZLE IPAS) MATERI TUMBUHAN KELAS IV SDN 1 PERAMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25392Keywords:
Media Pembelajaran, Monopoli Puzzle Ipas, TumbuhanAbstract
Proses pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik di kelas IV menunjukkan bahwa adanya tantangan dalam memahami materi. Hal ini disebabkan karena oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik untuk menambah semangat dan motivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, mengetahui kevalidan dan mengetahui kepraktisan dari media MOZEPAS (monopoli puzzle IPAS) yang dapat menarik semangat dan motivasi peserta didik. Media ini berfokus pada materi tumbuhan. Dari segi bidak, dibuat praktis yang dapat dilipat dua seperti bidak monopoli dan dilengkapi dengan buku panduan, pion, dadu, kartu pertanyan, kartu hak milik, kartu kesempatan dan kartu hukuman. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian dan pengembangan media MOZEPAS (monopoli puzzle ipas) materi tumbuhan dari ahli media sebesar 92,5% (sangat valid), hasil dari ahli materi sebesar 93,75% (sangat valid), hasil dari respon guru sebesar 97,5 % (sangat praktis) dan hasil respon peserta didik sebesar 92,25% (sangat praktis). Hal tersebut menunjukkan bahwa media MOZEPAS (monopoli puzzle IPAS) sangat layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran di kelas IV.Downloads
References
Aryanti, B. D. F., Musaddat, S., & Rahmatih, A. N. (2024). Pengembangan Media Buku Bergambar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 261–270. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7511
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Kaniawati, E., Mardani, M. E., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 18-32.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Nurhasanah, N., Dewi, N. K., & Rahman, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1846–1852. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875.
Nurhayati, N., & Imron Rosadi, K. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(1), 451–464. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1047
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
Nurul Kemala Dewi, Nur Hasanah, & Lestari Karunia Indah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli pada Tema Perkembangan Teknologi untuk Siswa Kelas III di SDN 8 Sokong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 275–282. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.219
Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 603–611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653
Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2018, May). Pengembangan booklet berdasarkan kajian potensi dan masalah lokal sebagai suplemen bahan ajar SMK Pertanian. In Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) (pp. 474-481).
Rahmawati, A., Halimah, N., & Setiawan, A. A. (2024). Optimalisasi Teknik Wawancara Dalam Penelitian Field Research Melalui Pelatihan Berbasis Participatory Action Research Pada Mahasiswa Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 135–142.
Rohmah, S. (2022). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sejarah Kebudayaan Islam. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(2).
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode penelitian pengembangan (rnd) dalam bimbingan dan konseling. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 5(3), 111-118.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.