STUDI KASUS KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS IV SDN 004 MUARO SENTAJO KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25396Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca siswa kelas IV SDN 004 Muaro Sentajo Kabupaten Kuantan Singingi serta faktor penghambat dan pendukung kemampuan membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian yang digunakan adalahsiswa kelas IV sebanyak enam siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca rendah yang dialami siswa yaitu belum sepenuhnyamengenal huruf vokal dan konsonan, masih dalam tahap mengeja kata, membaca kalimat yang kurang lancar dan kurangnya memahami suatu bacaan. Hal ini disebabkan karena siswa tidak suka membaca dan malas sehingga kurangnya niat membaca. Faktor pendukung kemampuan membaca yaitu motivasi yang diberikan guru untuk mendorong siswa membaca dan tersedianya perpustakaan yang memadai. Sedangkan Faktor penghambat kemampuan membaca yakni faktor intelektual, siswa kurang memahami bacaan. Faktor psikologis, kurangnya minat untuk membaca atau malas. Faktor lingkungan keluarga yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tua.Downloads
References
Akda, H. F., & Dafit, F. (2023).
Analisis Kesulitan Membaca
Permulaan Siswa Kelas II
Sekolah Dasar. Populer: Jurnal
Penelitian Mahasiswa, 2(3), 42–51.
https://doi.org/10.58192/populer.
v2i3.1180
Amanda, A. P. D., Prakoso, M. A., &
Riswari, L. A. (2024). Analisis
Kesulitan Belajar Membaca pada
Siswa Kelas II: Faktor Penyebab
dan Solusi. FingeR: Journal of
Elementary School, 3(1), 1–11.
Andrea, I. (2024). Analisis Kesulitan
Membaca Permulaan Pasa
Siswa Kelas I SDN 21
Pekanbaru. Αγαη, 15(1), 37–48.
Apriliyani, F. D., Salamah, R. A.,
Amalia, F. P., & Sari, F. W.
(2023). Studi Kasus Kesulitan
Membaca Dan Upaya Guru
Dalam Mengatasinya Pada
Peserta Didik Kelas Iv B Sdn
Demaan Jepara. Jurnal Muassis
Pendidikan Dasar, 2(1), 1–10.
https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i
1.35
Dafit, F. (2017). Pengaruh Model
Pembelajaran Multiliterasi
Terhadap Kemampuan
Membaca Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Inovasi Pendidikan Dan
Pembelajaran Sekolah Dasar,
1(1).
https://doi.org/10.24036/0201711
7937-0-00
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020).
Pelaksanaan Program Gerakan
Literasi Sekolah (GLS) di
Sekolah Dasar. 4(4), 1429–1437.
Delmania, H., Pulungan, M., & Savitri,
M. L. O. (2023). Analisis Faktor
Penghambat Kemampuan
Membaca Permulaan Pada
Peserta Didik di SD Negeri 04
Palembang. Elementa: Jurnal
PGSD STKIP PGRI
Banjarmasin, 4(3), 34–37.
https://doi.org/10.33654/pgsd
Hanisah, S. (2022). Studi Tentang
Kesulitan Membaca Permulaan
Siswa Sekolah Dasar. Jurnal
Kiprah Pendidikan, 1(4), 325–
333.
https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.
109
Noer, addely D., & Harsiwi, N. E.
(2024). Analisis Kemampuan
Membaca Pada Siswa Kelas 4
SD. 2, 249–258.
Rahayu, K. (2023). Analisis
Kemampuan Membaca Peserta
Didik Kelas 1 SD Negeri 1
Totokaton. 81.
Rahmadhani, S. L. (2024). Analisis
Faktor Kemampuan Pemahaman
Membaca pada Kelas V Sekolah
Dasar. 793–799.
Nuraini, S. Tanzimah, T. H. (2022).
Jurnal Pendidikan dan
Konseling. Jurnal Pendidikan
Dan Konseling, 4(20), 1349–
1358.
Sugiyono. (2020). Metodologi
Penelitian Kuantitatif, Kualitatif
dan R & D.
Suryani, A. I. (2020). Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi
Kemampuan Membaca Siswa
(Studi Kasusn Di SDN 105
Pekanbaru). 9(February), 115–
125.
Waritsman, A. (2020). Kreativitas
Guru Dalam Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa Di Ma Madinatul Ilmi Ddi
Siapo. Nusantara Jurnal Ilmu
Pendidikan, 1(2), 27–34.
Yusnan, M., Muslim, M., & Kamasiah,
K. (2023). Identifikasi Kesulitan
Membaca Permulaan Pada
Siswa Sekolah Dasar. JEC
(Jurnal Edukasi Cendekia), 7(1),
1–6.
https://doi.org/10.35326/jec.v7i1.
3159
Undang-undang Nomor 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.