Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kerjasama Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25398Keywords:
Model Pembelajaran Jigsaw, Kerjasama, Nilai PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kerjasama siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode one grup pretest posttest desain. Tekhnik pengumpulan data menggunkan angket. Jumlah subjek dalam instrumen berjumlah 19 siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 1 Bangkalan sedangkan untuk jumlah subjek dalam penelitian berjumlah 20 siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Untuk kevalidan instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabelitas, sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, dan uji paired sampel t-test. Berdasarkan uji paired sampel t-test kerjasama siswa dari hasil perbandingan hasil pretest 18.76 dan hasil posttest 25.10. uji paired sampel t-test diperoleh dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada kerjasama siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. perbandingan tersebut kerjasama siswa dapat berpengaruh bagi siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Bangkalan.Downloads
References
Herdayati, & Syahrial. (2021). Desain Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian. 7(2), 1–11.
Nurjiono, E. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Sd Negeri 2 Teteaji. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(2), 23–31. Https://Doi.Org/10.47178/Jkip.V10i2.1372
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sandrayati, E. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning Di Mi No 29/E.3 Hiang Tinggi. Edu Research, 2(2), 23–29. Https://Doi.Org/10.47827/Jer.V2i2.44
Septiani, I., Apriani, A.-N., & Izzah, L. (2022). Implementasi Pendidikan Pancasila Di Sdnegeri Bakulan. Indonesian Journal Of Elementary Education And Teaching Innovation, 1(2), 33–42. Https://Doi.Org/10.21927/Ijeeti.2022.1(2).33-42
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.