PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KONSEP PROFIL PELAJAR PANCASILA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN JOMBANG

Authors

  • Sobi'al Sobi'al Universitas Terbuka
  • Murtadlo Dasar Universitas Terbuka
  • M Imam Farisi Dasar Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25463

Keywords:

persepsi guru, implementasi, profil pelajar pancasila

Abstract

Guru memiliki peran penting sebagai contoh atau model yang baik untuk ditiru peserta didik. Dengan adanya kebijakan Kemendikbud tentang Profil Pelajar Pancasila tersebut para guru harus sudah memahami hal tersebut dan mampu menerapkannya di sekolah, Namun permasalahannya ialah, apakah dunia pendidikan kita sudah mengenal profil pelajar Pancasila ini, apakah sosialisasi sudah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, utamanya di lapangan atau dalam hal ini di tingkat satuan pendidikan/ sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan studi multikasus pada SD Negeri Plandaan dan SDIT Nurul Ilmi, dan analisis dokumen terkait dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi profil pelajar Pancasila melibatkan beberapa aspek, termasuk pemahaman nilai-nilai Pancasila, partisipasi dalam kegiatan berbasis Pancasila, dan pengaruh lingkungan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini yakni pada Sekolah Dasar yang menjadi studi multikasus telah menunjukkan bahwa guru dan sekolah telah mengimplementasikan pembelajaran yang berkaitan dengan profil pelajar pancasila. Hal ini beriringan dengan faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian profil pelajar pancasila pada setiap sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, S. (2018). Islam, Pancasila, dan Deradikalisasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Barorina, Z. (2021). Konseptual Implementasi Profil Pelajar Pancasila Studi Kasus di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo dan SDN 1 Nologaten Ponorogo. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Huda, S., Tadjuddin, N., Sholihuddin, A., Kato, H., & Cengiz, K. (2022). Character and Adab Education in Indonesia, Turkey, and Japan: A Comparative Study. Islamic Guidance and Counseling Journal, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.25217/igcj.v6i1.2973

Moleong, L. J. (2007). Metode Pendidikan Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Indonesia. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembar Negara RI Tahun 2003 No 78. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Berita Negara Tahun 2018 No 782. Jakarta

Patilima, H. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zega, F. (2014). Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Kabupaten Nias Utara. Medan: Universitas Medan Area.

Downloads

Published

2025-06-12

Most read articles by the same author(s)