PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III UPTD SDN LANGKAP 04

Authors

  • Aisyatil Kamila STKIP PGRI Bangkalan
  • Rendra Sakbana Kusuma STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25475

Keywords:

Discovery Learning, Reading, Reading Ability

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa pada SDN Langkap 4 Bangkalan. Tujuan penelitian ini menggunakan beberapa indikator. Pertama, siswa memiliki tingkat kelancaran yang lebih baik namun, mereka masih mengalami kesulitan membaca dan kadang-kadang diminta untuk mengeja beberapa kalimat. Kedua, siswa masih melakukan kesalahan dalam melafalkan huruf yang membuat beberapa kalimat yang dibaca kurang jelas. Ketiga, suara siswa lantang ketika mereka membaca, sehingga pendengar dapat mendengar setiap kalimat yang diucapkan secara jelas. Keempat, siswa tidak memperhatikan tanda baca saat membaca, sehingga intonasi bacaan siswa tidak tepat. Yang terakhir, siswa memiliki kepercayaan diri dan keberanian dalam membaca dan berani berdiri di depan kelas. Jadi pada penelitian ini ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca siswa SDN Langkap 4 Bangkalan antara lain: faktor lingkungan, rumah, dan kurangnya minat serta motivasi siswa dalam membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Salam and F. Haslami, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar Application Of Learning Model Discovery Learning in Improve Reading Comprehensi,” pp. 1–25, 2022.

[4] S. Kelas, I. S. Dasar, S. Wahyudi, R. Hutagaol, D. Indah, and A. A. Dwiana, “Jurnal basicedu,” vol. 8, no. 3, pp. 2062–2073, 2024.

[5] * Ajeng et al., “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran PAIKEM Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri 054904 Lorong Bambuan,” Concept J. Soc. Humanit. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 174–181, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.55606/concept.v3i1.982

V. Y. Beku, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPAS,” J. Pendidik. MIPA, vol. 14, no. 3, pp. 757–766, 2024.

[7] S. Tanjung, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gambar Pada Materi Fungi (Jamur ) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswakelas X Sma Swasta Pab 8 Saentis,” J. Bionatural, vol. 11, no. 1, pp. 38–44, 2024, [Online]. Available: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio

Downloads

Published

2025-06-03

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>