HADIST TARBAWI SEBAGAI PILAR KONSEP PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25493Keywords:
Hadith Tarbawi, Islamic Education, Educational Methods, Islamic Values.Abstract
ABSTRAK Hadis tarbawi merupakan elemen penting dalam sistem pendidikan Islam yang berfungsi sebagai fondasi normatif dan praktis dalam membentuk karakter, nilai, serta metode pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali kontribusi hadis tarbawi dalam membangun konsep pendidikan Islam yang holistik, khususnya dalam konteks pembentukan akhlak, integrasi nilai keislaman dalam kurikulum, serta relevansinya dalam menghadapi tantangan zaman modern. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi kepustakaan, penelitian ini menelaah sumber primer berupa kitab-kitab hadis sahih dan literatur sekunder yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa hadis tarbawi mengandung prinsip pendidikan integral yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ia juga menegaskan pentingnya peran pendidik sebagai teladan serta perlunya internalisasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan. Oleh karena itu, revitalisasi hadis tarbawi sebagai pilar konsep pendidikan Islam menjadi urgensi dalam menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat secara spiritual dan bermoralDownloads
References
Abas, S. (2021). Metode Dan Media Pendidikan (Telaah Kajian Hadits Tarbawi). Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 170–187. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/permata/article/view/288
Ali Imron, Gunawan, L. R., & Murzal. (2024). Pengertian Hadits Tarbawi Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam. JIRS (Journal Of Islamic Religious Studies), 1(2), 109–115.
Aziz, A. A., Hidayatullah, A. S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 63. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.542
Bakar, M. Y. A., & Adiwijaya, A. (2021). Klasifikasi Teks Hadis Bukhari Terjemahan Indonesia Menggunakan Recurrent Convolutional Neural Network (CRNN). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 8(5), 907. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021853750
Balqisa Ratu Nata, Mohammad Kurjum, & Ali Mohtarom. (2024). Revitalisasi Pendidikan Islam: Menggali Khazanah Hadits Tarbawi dalam Menghadapi Era Disrupsi 4.0. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 9(1), 12–25. https://doi.org/10.32478/r9bt4g07
Budiyanto, B. (2025). The Implementation of the Prophet Muhammad’s Teaching Methods in Tarbawi Hadiths: A Study of Islamic Educational Values and Their Relevance to Modern Learning. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 4(3), 330–338. https://doi.org/10.54012/jcell.v4i3.411
Burhanudin, U. (2016). Landasan Metodologis Teologi Pendidikan Islam. Deleted Journal, 27(2), 255. https://doi.org/10.15575/jpi.v27i2.510
Fathurrohman, & Suharyat, Y. (2023). Exploring Hadith Tarbawi as the Spirit of Islamic Education. International Journal of Global Sustainable Research (IJGSR), 1(4), 553–560. https://doi.org/10.59890/ijgsr.v1i4.851
Fauzi, M. M. (2023). Hadis Tarbawi Perspektif Tridharma Perguruan Tinggi. TA’LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 89–98. https://doi.org/10.32478/0pzcmr59
Kurniawan, D., Jaenullah, J., Jannah, S. R., Setiawan, D., & Mispani, M. (2023). Strategy For Increasing The Learning Qur’an Hadits Quality For The Students’ Religious Character. Jurnal As-Salam, 7(1), 57. https://doi.org/10.37249/assalam.v7i1.583
Maslani, M., Hakim, D. A. R. N., Kartika, Y., & Wardana, V. (2025). Spiritual Education in Islamic Education: A Conceptual Study of Tarbawi Hadiths. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 6(1), 263–276. https://doi.org/10.32806/jkpi.v6i1.613
Miftahul Aziz, M. (2024). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Tinjauan Hadits: Studi Analisis Tentang Hadits-Hadits Tarbawi. Journal Islamic Studies, 5(2), 137–149. https://doi.org/10.32478/r9bt4g07
Mukminin, M. A., & Rhamadan, W. (2024). Kontekstualisasi Hadis Tarbawi Tentang Pengetahuan Dan Akhlak Dalam Pendidikan Islam Modern. Gahwa, 2(2), 62–79. https://doi.org/10.61815/gahwa.v2i2.401
Nata, B. R., Kurjum, M., & Mohtarom, A. (2024). Revitalisasi Pendidikan Islam: Menggali Khazanah Hadits Tarbawi dalam Menghadapi Era Disrupsi 4.0. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 9(1), 12–25. https://doi.org/10.32478/r9bt4g07
Nurdiyanto, Nasution, A. J., & Maslani, M. (2023). Peran Pendidik dalam Pendidikan Islam: Kajian Konseptual Hadist-Hadist Tarbawi. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2), 183–194. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i2.9185
Quraish Shihab. (2022). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu‘i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
Qurratina, N. S., & Kurjum, M. (2024). Antologi Hadis Tarbawi: Pesan-Pesan Nabi Terkait Pendidikan sebagai Landasan dalam Menghadapi Tantangan Zaman Modern. TARBIYA ISLAMIA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman. https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/tarbiya/article/view/3601
Rahardja, M. N. A., Ibrohim, M. M. M., Akmal, M. J., Putri, A. N. C., & Sumarna, E. (2024). Eksplorasi Nilai Pendidikan Islam: Kajian Komparatif Hadis Tarbawi antara Masa Rasulullah dan Era Saat Ini. Journal of Qur'an and Hadith Studies. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/journal-of-quran- and-hadith/article/view/37977
Rizki, A. M., & Lessy, Z. (2024). Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadist Tarbawi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5298–5302. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4476
Rohman, F. (2021). Tujuan Pendidikan Islam Pada Hadis-Hadis Populer Dalam Shahihain. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 367. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i3.5107
Senjaya, S., Kosasih, A., Hermawan, W., & Oki, A. (2023). Implementasi Tadabbur Berbasis Maqāṣid Al-Qur’an. ZAD Al-Mufassirin, 5(1), 78. https://doi.org/10.55759/zam.v5i1.65
Shihab, Q. (2022). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu‘i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
Silvia, E. (2023). Urgensi Hadis Dan Ulumul Hadis dalam Pendidikan Islam. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 185–192.
Thomas, L. (2021). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Utomo, E., & Rizqa, M. (2024). Merdeka Belajar dan Pendekatan Holistik: Pendidikan Islam yang Terintegrasi. Instructional Development Journal (IDJ), 7(1), 225–234. http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.31704
Zakiyah, F. (2018). Qadliyah Al-Dalalah Fi ‘Ilm Al-Tarbiyah Al-Islamiyyah. ALSINATUNA, 3(2), 150. https://doi.org/10.28918/alsinatuna.v3i2.1346
Zaenuri, A. (2020). Pembuatan Buku Ajar Hadis Tarbawi Sebagai Usaha Peningkatan Pemahaman Hadis-Hadis Pendidikan Bagi Mahasiswa. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 20(2), 191. https://doi.org/10.21580/dms.2020.202.5418
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.