PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI CEBONGAN 03 SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2024-2025

Penelitian Tindakan Kelas

Authors

  • maulinda dewi universitas kristen satya wacana
  • Mawardi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25542

Keywords:

Mathematic, Wordwall, Problem Based Learning

Abstract

This classroom action research aims to improve communication skills and mathematics learning outcomes of fourth-grade students at SDN Cebongan 03 through the Problem-Based Learning model supported by Wordwall. The results showed a significant improvement in both aspects after two cycles of implementation. This model effectively fostered active, enjoyable, and meaningful learning. The percentage of students achieving the “very good” category in both communication skills and learning outcomes increased by 42.3%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anantiya, F., Asyiah, N., & Nurhabibah, P. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 1 Buyut. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(9), 769–779.

Ariyani, L., Dwijayanti, I., & Mulyani, M. (2024). Efektivitas PBL Berbantu Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V di SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 23480–23487.

Dheni, D. R., Nawawi, E., & Saputra, D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V SD Negeri 241 Palembang. Journal Sains Student Research, 2(6), 2956.

Ginting, I. B., Sembiring, R. K., Silaban, P. J., Ambarwati, N. F., & Sitepu, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 186–195

Islamiyah, P., & Atmazaki. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. EDU RESEARCH, 5(4), 1000–1007.

Larasati, S., Mandasari, N., & Hajani, T. J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 34 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 411.

Nuraini, A., & Ramadhan, I. (2023). Efektivitas Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kahoot! dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 2 Pontianak. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 319–331.

Nurbiyati, A., & Permana, E. P. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Keragaman Budaya Indonesia. Jurnal Simki Postgraduate, 3(1), 577.

Wuryandani, W. (2021). The Effect of the Think-Pair-Share Model on Learning Outcomes of Civics in Elementary School Students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(2), 627–640

Pramesti, A. A., Ekowati, D. W., & Febriyanti, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SD pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 489–499.

Prasetiyowati, R. D., & Rudyanto, H. E. (2023). Penerapan Aplikasi “Wordwall” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Media Akademik (JMA), 7(1), 1232.

Purwanti, S., & Hidayat, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP). Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 123–134.

Puspitasari, C., Reffiane, F., Darminingsih, A., & Setyawati, R. D. (2024). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Wordwall pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN Mlatiharjo 02. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 3195.

Sutirman, & Wahyuni, D. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi (PjBL-T) untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(3), 222–235.

Susanto, R. (2022). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Literasi Numerasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Pacitan. Jurnal Edumatic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 31–38.

Downloads

Published

2025-05-29

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>