IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN TEMA KEBHINEKAAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25545Keywords:
Pendidikan multikultural, Profil Pelajar Pancasila, Kebhinekaan, Sekolah Dasar, Proyek P5¸ToleransiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pendidikan multikultural melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Kebhinekaan di sekolah dasar sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka. Pendidikan multikultural penting diterapkan sejak dini agar peserta didik dapat menghargai perbedaan budaya, agama, bahasa, dan latar belakang sosial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan P5, seperti peragaan busana adat, permainan tradisional, dan pertunjukan seni budaya, mampu menumbuhkan sikap toleransi, kerja sama, dan rasa bangga terhadap keberagaman. Meskipun terdapat tantangan seperti kurangnya partisipasi orang tua dan kebutuhan khusus peserta didik, pihak sekolah mampu mengatasinya melalui pendekatan yang komunikatif dan inklusif. Secara keseluruhan, pelaksanaan P5 dengan tema Kebhinekaan terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila secara kontekstual dan membentuk karakter siswa yang menghargai perbedaan.Downloads
References
Alfulaila, N. (2022). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Teori dan Praktik). NTB: Kanhaya Karya. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Haryono, H., Suneki, S., & Yunus, M. (2023). Implementation of Religious Pluralism Tolerance in the Village of Penyangkringan. Kendal Regency [Jurnal Etika Demokrasi]. JED, 8(1), 56-63. Hidayat, L. N., N. S. Fauziyah, V. Febriana, A. Marini, and M. Yunus. (2024). Peranan Pembelajaran IPS Terhadap Pembentukan Karakter Kepekaan Sosial Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Sindoro cendikia pendidikan 7(9). Idrus, I. A, dkk. (2024). Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural di Indonesia. Community Development Journal, 5(3), 4418-4424. Mery, Martono, Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. Prasanti, Ditha. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar, 6(1), 13-21. Pratiwi, I. A., dkk. (2018). Pendidikan Multikultural Berbantuan Metode Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Bersahabat Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 109-119.
Sutisnawati, A., Maksum, A., & Marini, A. (2023). Implementasi Pendidikan Multikultural Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3).
Suneki, S., Hadi, D. P., & Yunus, M. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Melalui Festival Seni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, pp. 204-211).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.