ANALISIS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KRIKILAN 1 KECAMATAN KALIJAMBE KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25547Keywords:
Problem Based Learning, Pembelajaran IPAS, Kendala PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV di SD Negeri Krikilan 1 Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2024/2025, serta mengidentifikasi kendala yang dialami guru dalam penerapannya. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini, diperoleh dengan melakukan kegiatan wawancara yang dilakukan terhadap informan, yaitu guru kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan problem based learning dalam pembelajaran IPAS telah dilaksanakan di kelas IV dengan menyajikan masalah kepada siswa yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, selanjutnya siswa diarahkan untuk memecahkan masalah tersebut secara individu maupun berkelompok. (2) Terdapat kendala dalam penerapan problem based learning, yang menjadi penghambat yaitu beberapa siswa masih belum bisa kondusif dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan siswa tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut terjadi karena factor kurangnya media pembelajaran yang menarik untuk membangun semangat siswa.Downloads
References
Aisyah, T., Zannah, R., A.E.L, E., Trisilaningsih, Y., & Priyanti, N. Y. (2022). Pembelajaran Problem Based Learning. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 27–36. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6563
Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka. July, 1–23.
Arikunto, S. (2018). NoProsedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Dasar, S. (2024). PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Pengembangan Pembelajaran) Kelas dan. 7(4), 595–601.
Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), h. 33.
Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.8
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning TerhadapKemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(3), 283–287.
Khakim, N., Mela Santi, N., Bahrul U S, A., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347–358. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Musyawir, & Ismail. (2022). Model-Model Pembelajaran Inovatif. 1(03), 54–64.
Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907
Polii, D. J., & Polii, M. (2022). Manajemen Pendidikan Agama Kristen dalam Ketahanan Keluarga. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(1), 117–132. https://doi.org/10.47530/edulead.v3i1.9
Safitri, R., Eka Subekti, E., & Nafiah, U. (2023). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SD Supriyadi Semarang. Ulin Nafiah INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 297–308.
Saputra, H. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/GD8EA
Siyoto, S., & Soduk, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Tande, S. (2020). Penerapan problem based learning (PBL) dalam pembelajaran online. 3(3), 352–358. http://repository.uph.edu/id/eprint/13475
Wati, Y. I. (2018). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 MI Nurur Rohmah Tentang Energi Panas. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 20, 1–14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.