PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT MEMBACA DALAM BENTUK POJOK BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR KELAS VI SD NEGERI ROMANG RAPPOA KABUPATEN GOWA

Penelitian Kuantitatif

Authors

  • Tasyah Arsita Suhasti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Adam Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Maria Ulviani Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25553

Keywords:

Literacy Movement, Reading Corner, Reading Interest

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Dalam Bentuk Pojok Baca Terhadap Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar Kelas VI SD Negeri Romang Rappoa Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Pengaruh Gerakan Literasi sekolah Dalam Bentuk Pojok Baca Terhadap Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar Kelas VI SD Negeri Romang Rappoa Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Romang Rappoa Kabupaten Gowa dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara variabel pojok baca dan variabel minat baca. Program gerakan lietrasi sekolah terutama pojok baca terbukti memberikan manfaat positif. Melalui peningkatan kualitas pojok baca dikelas tentunya akan mempengaruhi minat membaca siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83.

Anugrah, W. D., Arina Faila Saufa, & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98. https://doi.org/10.31849/pb.v9i2.8859

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437.https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585

Hadi, A. A., Sarifah, A., Maftuhah, T., & Putri, W. D. (2023). Rendahnya Minat Baca Anak Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 22–30.https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/303

Nuraini, T., Zakiah, L., & Syarif Sumantri, M. (2024). Pengadaan Pojok BacaSebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(Volume 09 No. 1 Maret 2024), 5082–5092.https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13145

Sukriadi, Rehana Emilia Maulida, Muhlis, & Arafah, A. A. (2022). Upaya Guru Memanfaatkan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa. Jurnal Al- Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 14(2), 26–34. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v14i2.1330

Sulaimah, E., Susanti, Eryuna Irmawati, Dewi, R. K., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar dengan Pemanfaatan Pojok Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 505–514.

Umar Mansyur, Sitti Rahmawati, & Muhajir. (2023). Pojok Baca MTs Wihdatul Ulum Bontokassi Kabupaten Gowa sebagai Wujud Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Madaniya, 4(1), 44–53.

Downloads

Published

2025-06-12

Most read articles by the same author(s)