IMPLEMENTASI ICE BREAKING DALAM MENUMBUHKAN ANTUSIASME BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25571Keywords:
Ice Breaking, Antusiasme Belajar, Sekolah DasarAbstract
Antusiasme belajar peserta didik di jenjang Sekolah Dasar kerap mengalami fluktuasi akibat kejenuhan dan kurangnya variasi dalam proses pembelajaran. Kondisi ini menjadi tantangan bagi para guru, terutama dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan ice breaking dapat menumbuhkan antusiasme belajar pada peserta didik kelas 3 di SD Avicenna Gemilang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi peserta didik kelas 3 dan guru kelas, sedangkan fokus penelitiannya adalah pelaksanaan kegiatan ice breaking yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ice breaking memberikan pengaruh positifterhadap peningkatan antusiasme dan keterlibatan belajar peserta didik. Selain berperan sebagai penyegar suasana, kegiatan ice breaking juga mampu mempererat hubungan sosial antara guru dan peserta didik, menciptakan lingkungan kelas yang lebih nyaman, serta membantu peserta didik untuk lebih fokus dan berkonsentrasi. Peserta didik menjadi lebih aktif, ceria, dan termotivasisetelah mengikuti sesi ice breaking dilakukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ice breaking merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan antusiasme belajar peserta didik Sekolah Dasar. Penggunaan metode ini direkomendasikan sebagai bagian dari pendekatan pembelajaran yang memperhatikan kebutuhan emosional dan psikologis peserta didik secara holistik.Downloads
References
Andesti, I. G., Nisa, S., & Suriani, A. (2025). The Effect of Ice Breaking in Increasing Student
Learning . MANDALIKA: Journal of Social Sciences, 13–15.
Annisa Algivari, D. M. (2022). Teknik
Ice Breaking pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Pendidikan, 433-439.
Dwi, Z., Meidawati, S., & Nur, K. (2022). Penerapan Ice Breaking pada Proses Belajar
Guna Meningkatkan Motivasi Bleajar Siswa Kelas IV SD Negeri Sugihan 03. Journal of
Education Learning and Innova, 73-85.
Encep, A., Siti, R., & Fauziah, N. (2022). Penerapan Metode Ice Breaking Untuk Menstimulus Konsentrasi Peserta Didik Kelas 5A SDN Serang 21. BADA’A: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 282-289.
Fini, D. H., & Puspitaningrum, D. (2023). Implementasi ice breaking sebagai pematik
motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam,
99–106.
Galuh, N. I., Haldini, R., Mutia, A. S., & Deti, R. (2023). Increasing Student Learning Motivation
with the Application of Ice Breaking in Grade IV of State Elementary School 262 Panyileukan Bandung City. Aurelia: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1030-1033.
May Muna Harianja, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice breaking untuk Meningkatkan
Minat Belajar . Jurnal Basicedu, 1324–1330.
Muhammad, I. R., & Meirza, N. F. (2024). Implementasi Ice Breaking untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada
Siswa Kelas 3B MI Muhammadiyah 28 Surabaya. J-SES: Journal of Science, Education and Studies, 50-60.
Noor, A. F., Marisa, S. D., Abroto, Yoga, C. P., Yusuf, R. W., & Faisal, A. R. (2023). Creating
Learning Motivation Using Ice Breaking in Thematic Learning Through Virtual Learning in
Islamic Elementary School. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 75-84.
Noratul, E., & Farizawati, J. (2024). The Efficacy of Ice-Breaking Activities in Enhacing Students Motivation for English Language Acquisition. English Education & Applied Linguistics Journal.
Riti, H., Novi, O. B., Putri, A. D., & Syahrial. (2024). Ice Breaking sebagai Stimulus Minat dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 8-18.
Silvina, N., Diah, E. P., & Riska, T. (2022). Implementasi Teknik Ice Breaking Pada Pembelajaran Di Sd 64/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 501-510.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.