LITERASI EMOSI ASPEK BEREMPATI: STUDI ETNOGRAFI TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25576Keywords:
Literasi Emosi, Empati, Peserta Didik, Classroom Ethnography, Sekolah Dasar.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya hasil riset yang secara spesifik menggambarkan literasi emosi peserta didik, khususnya pada aspek empati. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana literasi emosi peserta didik sekolah dasar, terutama dalam aspek berempati dengan tulus. Pada kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode classroom ethnography. Partisipan dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru di salah satu sekolah dasar di Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data berikut analisis data penelitian ini didasarkan pada teori literasi emosi yang dikemukakan oleh Steiner, terdapat tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi emosi peserta didik pada aspek berempati dengan tulus masih tergolong belum memadai. Kondisi ini disebabkan belum dikenalnya konsep literasi emosi secara utuh serta kurangnya pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, secara umum peserta didik mulai mampu mengenali dan merespons perasaan orang lain di sekitarnya. Oleh karena itu, edukasi mengenai literasi emosi khususnya aspek berempati dengan tulus penting untuk mulai diterapkan kepada peserta didik melalui lembaga pendidikan formal, khususnya dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.Downloads
References
Ayu, A., & Febrian, W. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Ultra Teknologi Indonesia). BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(4), 1146–1162.
Betan, A., Rukayah, S., Purbanova, R., Purwoto, A., Rusli, R., Nurnainah, N., & Aji, S. P. (2023). Manajemen Penerapan Asuhan Keperawatan Melalui Tingkat Kesembuhan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit. Sahabat Sosial: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 65–67.
Birdy, D., & Mahmudah, D. (2022). Literasi Emosi Intelligence With A Heart. Yogyakarta: Madani Kreatif
Budiarto, B. W., Karyadi, S., Judijanto, L., & Febrian, W. D. (2024). Analysis Of The Influence Of Spiritual Capital, Motivation And Work Competencies On Performance Of Human Resource In Smes Sector. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 240–246.
Cyntia, Apriliya, S., & Respati, R. (2019). Literasi Emosi Peserta Didik Sekolah Dasar. Pedadiktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 308–317.
Cyntia, Aprilliya, S., & Respati, R. (2022). Pengaruh penggunaan buku cerita anak bermuatan literasi emosi terhadap literasi emosi peserta didik kelas v sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 5(6), 1090–1096.
Djunaedi, D., Suprapti, I., Nawangwulan, K., Nurnainah, N., Claartje, M. M. D., Adam, J. d’Arc Z., & Sangkala, S. (2023). Description of Mother’s Knowledge about Influence Foods that Contain Sucrose the Occurrence of Dental Caries in Pampang Health Center Makassar City. International Journal of Health Sciences, 1(3), 224–229.
Efendi, S., Sriyanah, N., Wahyuni, A. S., Nurnainah, N., Fitriani, F., &Arif, N. W. (2023). Description of gender, intravenous drug administration, and QT interval view at dr. Wahidin general hospital sudirohusodo Makassar. Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(2).
Fadhilah, N. (2022). Pendidikan Karakter Peduli Sosial pada Peserta Didik di MA Tanbihul Ghofilin Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. 68.
Febrianti, K., & Setiawati, D. (2023). Empati Peserta Didik Saat Belajar Kelompok. Jurnal BK UNESA, 13(1), 53–62. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/51001/41742
Miles Mathew B; Huberman Michael A. (1984). Qualitative Data Analysis a Sourcebook of New Methode. London: Sage Publications.
Mulinda, R., Afiati, E., & Conia, D. D. P. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompo Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5 (2), 31–41.
Nurnainah, N., Aldo, N., Aisyiah, I. K., Febrian, W. D., Rukiyanto, B. A., & Arifianto, T. (2024). Pengaruh Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Keperawatan: Analisis Pengalaman Praktisi Bisnis Keperawatan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1032–1051.
Sembiring, T. B., Dewi, R. D. D. L. P., Gugat, R. M. D., Febrian, W. D., Amrizal, A., & Ansori, A. (2024). Peningkatan Kapasitas Dosen Dalam Pendidikan Berbasis Teknologi: Workshop Dan Pelatihan Mendalam. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 581–590.
Steiner, C. (2003). Emotional Literacy; Intelligence with a Heart By Claude Steiner PhD Table of Contents. Fawnskin: Personhood Press.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Syafitri, S. M. (2020). Menumbuhkan Empati Dan Perilaku Prososial Terhadap Anak Usia Dini Dalam Menanggapi Pelajaran Isu Dunia Nyata. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 12(2), 140. https://doi.org/10.26418/jvip.v12i2.34049
Syaparuddin, & Elihami. (2020). Peningkatan Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Sekolah Dasar SD Negeri 4 Bilokka sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Diri Dalam Proses Pembelajaran PKn. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.