ANALISIS PROGRAM POJOK BACA DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 14 CAKRANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25607Keywords:
Reading Corner, Literacy, StudentsAbstract
Salah satu program efektif dalam pengembangan potensi peserta didik di sekolah dasar adalah program pojok baca yang merupakan program pendidikan yang menekankan kemampuan dasar peserta didik untuk senang belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi dampak, hambatan dan tantanngan program pojok baca dalam gerakan literasi sekolah terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas V di SDN 14 Cakranegara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak program pojok baca memberikan efek positif pada kemampuan membaca peserta didik kelas V. Mereka menunjukkan peningkatan minat dan sikap positif terhadap membaca. Namun, ada beberapa hambatan dan tantangan seperti minat baca yang rendah, keterbatasan sumber daya, waktu terbatas untuk membaca, dan fasilitas yang kurang memadai.Downloads
References
Al Kindi, M. R. (2025). Pengaruh Ketersediaan Koleksi Terhadap Minat Siswa Di Perpustakaan SMA Negeri 1 Ingin Jaya (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh).
Agustina, E., Andriani, D., & Muklas, M. (2021). Hubungan Antara Kecepatan Membaca dan Pemahaman Isi Bacaan. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(1). https://doi.org/10.30599/jti.v13i1.698
Brown, CS (2014). Pengembangan bahasa dan literasi pada tahun-tahun awal: Keterampilan dasar yang mendukung pembaca pemula. Spektrum Bahasa dan Literasi, 24, 35-49.
Dewi, S. M., Prawiyogi, A. G., Anwar, A. S., & Wahyuni, C. S. (2021). Efektivitas Strategi Direct Reading Thinking Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1).
Harjanty, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Membaca Nyaring (Penelitian Tindakan di Kelompok B RA Perwanida Praya, Lombok Tengah 2016). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan literasi sekolah: Implementasi tahap pembiasaan dan pengembangan literasi di SD Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2).
Lailiyah, T., Setyati, M., & Erianti, N. (2023). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal Proceeding Umsurabaya
Nurhadi. (2016). Strategi Meningkatkan Daya Baca. Bandung: CV. Sinar Baru. Jakarta: Bumi Aksara.
OECD. “PISA 2022 Results (Volume I and II) - Country Notes: Indonesia.”
Prabowo, T. (2021). Evaluasi program pojok baca di sekolah dasar: Hambatan dan solusi. Jurnal Riset Literasi, 10(3), 85-100.
Rizal, M. (2022). Pojok baca sebagai media pengembangan literasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 75-86.
Santosa, R. (2019). Membaca Pemahaman dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Sariyem, S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Kritis Peserta didik Kelas Tinggi Sd Negeri Di Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 329-340.
Subadiyono.2017.“Pengembangan Buku Teks Membaca Kritis”. Jurnal PendidikanBahasadanSastra, Volume16Nomor1Januari.
Vassiliki, I. & ZygourisÿCoe. (2024). Memperkuat Motivasi dan Keterlibatan Membaca Siswa dengan CARE Guru Membaca. https://doi.org/10.1002/trtr.2325.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.