Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Salsa Nurul Hairunnisa Universitas Negeri Jakarta
  • Petrus Suhendro Universitas Negeri Jakarta
  • Adi Putra Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25632

Keywords:

Emotional Intelligence, Social Skills, Elementary School

Abstract

Anak usia sekolah dasar membutuhkan kecerdasan emosional dan keterampilan
sosial yang baik sebagai aspek untuk perkembangan kepribadiannya. Namun pada
kenyataanya, tidak semua anak memiliki kecerdasan emosional dan keterampilan
sosial yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan
kecerdasan emosional dengan keterampilan sosial. Penelitian ini dilakukan di SDN
04 Ulujami, Jakarta Selatan. Sampel penelitian berjumlah 30 responden dengan
teknik sampling jenuh (sensus). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif
korelasional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan korelasi
sedang antara kecerdasan emosional dan keterampilan sosial dengan kontribusi
pengaruh sebesar 24,1%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dan keterampilan sosial
siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Syahputra. (2024). Membangun

Kecerdasan Emosional. Jawa

Timur: CV Garuda Mas Sejahtera.

Tamarradini, F. H., Fitriyah, C. Z.,

Kurniasih, F. (2021). Korelasi

Kecerdasan Emosional Terhadap

Kemampuan Bersosialisasi Siswa

Kelas VI SDN Kemuning

Sidoarjo. Jurnal Ilmu Pendidikan

Sekolah Dasar, 8(2), 116-121.

Wahyuni, R., Rosmalah, Nurdin, M.,

Amran, M. (2022). Hubungan

Kecerdasan Emosional dengan

Interaksi Sosial Siswa Kelas V UPT

SD Inpres 12/79 Lonrae

Kecamatan Tanete Riattang Timur

Kabupaten Bone. Autentik: Jurnal

Pengembangan Pendidikan Dasar,

6(2), 294-302.

Downloads

Published

2025-06-10