Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Salsa Nurul Hairunnisa Universitas Negeri Jakarta
  • Petrus Suhendro Universitas Negeri Jakarta
  • Adi Putra Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25632

Keywords:

Emotional Intelligence, Social Skills, Elementary School

Abstract

Anak usia sekolah dasar membutuhkan kecerdasan emosional dan keterampilansosial yang baik sebagai aspek untuk perkembangan kepribadiannya. Namun padakenyataanya, tidak semua anak memiliki kecerdasan emosional dan keterampilansosial yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungankecerdasan emosional dengan keterampilan sosial. Penelitian ini dilakukan di SDN04 Ulujami, Jakarta Selatan. Sampel penelitian berjumlah 30 responden denganteknik sampling jenuh (sensus). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatifkorelasional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan korelasisedang antara kecerdasan emosional dan keterampilan sosial dengan kontribusipengaruh sebesar 24,1%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwaterdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dan keterampilan sosialsiswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Syahputra. (2024). Membangun

Kecerdasan Emosional. Jawa

Timur: CV Garuda Mas Sejahtera.

Tamarradini, F. H., Fitriyah, C. Z.,

Kurniasih, F. (2021). Korelasi

Kecerdasan Emosional Terhadap

Kemampuan Bersosialisasi Siswa

Kelas VI SDN Kemuning

Sidoarjo. Jurnal Ilmu Pendidikan

Sekolah Dasar, 8(2), 116-121.

Wahyuni, R., Rosmalah, Nurdin, M.,

Amran, M. (2022). Hubungan

Kecerdasan Emosional dengan

Interaksi Sosial Siswa Kelas V UPT

SD Inpres 12/79 Lonrae

Kecamatan Tanete Riattang Timur

Kabupaten Bone. Autentik: Jurnal

Pengembangan Pendidikan Dasar,

6(2), 294-302.

Downloads

Published

2025-06-10