Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25632Keywords:
Emotional Intelligence, Social Skills, Elementary SchoolAbstract
Anak usia sekolah dasar membutuhkan kecerdasan emosional dan keterampilan
sosial yang baik sebagai aspek untuk perkembangan kepribadiannya. Namun pada
kenyataanya, tidak semua anak memiliki kecerdasan emosional dan keterampilan
sosial yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan
kecerdasan emosional dengan keterampilan sosial. Penelitian ini dilakukan di SDN
04 Ulujami, Jakarta Selatan. Sampel penelitian berjumlah 30 responden dengan
teknik sampling jenuh (sensus). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif
korelasional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan korelasi
sedang antara kecerdasan emosional dan keterampilan sosial dengan kontribusi
pengaruh sebesar 24,1%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dan keterampilan sosial
siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Syahputra. (2024). Membangun
Kecerdasan Emosional. Jawa
Timur: CV Garuda Mas Sejahtera.
Tamarradini, F. H., Fitriyah, C. Z.,
Kurniasih, F. (2021). Korelasi
Kecerdasan Emosional Terhadap
Kemampuan Bersosialisasi Siswa
Kelas VI SDN Kemuning
Sidoarjo. Jurnal Ilmu Pendidikan
Sekolah Dasar, 8(2), 116-121.
Wahyuni, R., Rosmalah, Nurdin, M.,
Amran, M. (2022). Hubungan
Kecerdasan Emosional dengan
Interaksi Sosial Siswa Kelas V UPT
SD Inpres 12/79 Lonrae
Kecamatan Tanete Riattang Timur
Kabupaten Bone. Autentik: Jurnal
Pengembangan Pendidikan Dasar,
6(2), 294-302.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							
















