EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ANIMASI INTERAKTIF LEARNING ENGLISH FOR KIDS UNTUK PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DITAMAN KANAK-KANAK USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25653Keywords:
Kosakata, Animasi Interaktif, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media animasi interaktif learning english for kids untuk pengenalan kosakata bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah anak kelas B Taman Kanak-kanak Kartika 1-61 Padang, dengan sampelnya yaitu kelas B1 berjumlah 20 anak dan kelas B2 berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes buatan guru yang disusun dalam tes penyataan sebanyak 5 butir. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis, alat pengumpulan data menggunakan lembar pernyataan. Kemudian data diolah menggunakan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS for windows yang menunjukkan taraf signifikan 0,000. Pemerolehan effect size sebesar 1,98 yang berarti tergolong pada kategori tinggi. Dengan demikian bahwa penggunaan animasi interaktif learning english for kids efektif digunakan untuk mengenalkan kosakata bahasa Inggris kepada anak dan guru sangat cocok menggunakan media animasi interaktif learning english for kids sebagai media dalam mengajarkan kosakata bahasa Inggris.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2025-06-03
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.