Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Minat Belajar IPS Siswa Kelas III SDN Rawamangun 02

Authors

  • Fayruz Najla Adibah Universitas Negeri Jakarta
  • Mohamad Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta
  • Engga Dallion EW Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25656

Keywords:

Kecerdasan Interpersonal, Minat Belajar, IPS, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan minat belajar IPS siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Rawamangun 02. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif persentase dan uji korelasi Spearman Rank Correlation dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan minat belajar IPS siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah antara kecerdasan interpersonal dengan minat belajar IPS saling berhubungan dengan hasil koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0.732 atau berada dalam kategori yang kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, N. D., & Rokmaniyah, S. (2021). Correlation between Interpersonal Intelligence and Learning Motivation to Fifth Grade Students of Public Elementary Schools in Kebumen Sub-District in Academic Year of 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 839–846.

Apriliana, H. S. P., Rokhmaniyah, & Susiani, T. S. (2024). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1), 112–120.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches Sixth Edition (Sixth Editions). Sage Publications.

Fazilah, D., Lubis, I. S., & Theresia, M. (2023). Hubungan antara Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan. JIPDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(4), 709–720.

Istapra, E., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., Kusuma, R. G. T., & Walid, A. (2021). Interpersonal Intelligence: A Strengthening in Efforts to Improve Student Learning Achievement. Asian Institute of Research, 4(2), 107–114.

Nahda, A. M., & Fathoni, A. (2023). The Effect of Interpersonal Intelligence on Social Science Learning Outcomes; a Correlational Study of Grade V Students at Tonggalan Muhammadiyah Elementary School. IJMIRA: International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 6(11), 5055–5060.

Pratiwi, W. N. W., Virgana, V., & Soenarno, S. M. (2023). Pengaruh Intelegensi Interpersonal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Biologi Murid SMA di Tangerang Selatan. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 3(2), 58–64.

Ramadhan, F. M. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 7(1), 118–128.

Rohmah, S., Surur, M., & Munawwir, Z. (2024). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(1), 24–30.

Sampurna, I. (2019). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kedisiplinan terhadap Motivasi Belajar Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 2(2), 39–47.

Tohirudin, A., Darmiany, Husniati, & Widiade, I. K. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus 3 Kopang. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 10(1), 35–45.

Wahyu, Y., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri 03 Cakranegara. Jurnal Educatio, 9(3), 1386–1393.

Downloads

Published

2025-06-07