STRATEGI MENGOPTIMALKAN KOMPONEN PEMBELAJARAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN

Authors

  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lulu Aulia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Abdah Birrul Walidain Universitas Pendidikan Indonesia
  • Miana Syifa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurluthfi Azzahra Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25671

Keywords:

Komponen pembelajaran, Pengoptimalan strategi, Tujuan pembelajaran, Efektivitas pembelajaran

Abstract

Pembelajaran yang efektif membutuhkan integrasi komponen pembelajaran yang optimal, mulai dari perumusan tujuan, pemilihan materi, strategi, media, hingga evaluasi yang sesuai. Namun, dalam praktiknya masih ditemukan ketidaksesuaian antara rancangan dan pelaksanaan pembelajaran di lapangan, seperti pemilihan metode yang tidak sejalan dengan tujuan pembelajaran atau penilaian yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pengoptimalan komponen pembelajaran guna mendukung pencapaian tujuan pembelajaran secara efektif. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif, menganalisis berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan artikel yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengoptimalan komponen pembelajaran harus dilakukan secara terpadu dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik. Komponen penting meliputi penentuan tujuan yang jelas, materi yang kontekstual, metode yang variatif dan partisipatif, media yang relevan, serta evaluasi yang berkelanjutan. Selain itu, lingkungan belajar yang mendukung dan pengembangan profesional guru turut memperkuat efektivitas pembelajaran. Keselarasan antar komponen menjadi kunci utama dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif. Dengan demikian, pemahaman mendalam dan implementasi strategi yang terintegrasi sangat penting bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adji, S. K., & Meilawati, I. (2020). Pentingnya Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Samasta.

Ahmad, K. (2011). Pengaruh Strategi Pembelajaran Advance Organizer dan Minat Belajar Biologi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Pura (Doctoral dissertation, UNIMED).

Andriani, J., & Daryati, M. E. (2021). Pengaruh penggunaan APE puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini: Studi literatur. Research in Early Childhood Education and Parenting, 2(1).

Asrini. (2021). Strategi Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Melalui Model Problem Based Instruction. Jurnal Insan Cendikia, 2(2), 143.

Bararah, I. (2022). Fungsi Metode terhadap Pencapaian Tujuan dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(1), 143.

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan. (2021). Panduan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dolong, J. (2016). Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(2), 293-300.

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466-476.

Febriana, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 147-148.

Kusnandar, V. (2021). Perencanaan pembelajaran yang efektif dan aplikatif. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 18(2), 112–120.

Lestari, F. A., Febrian, R., Zaini, M. I., Badruzzaman, R., & Afandhi, A. (2023). Strategi Penyelarasan Kurikulum Pembelajaran dengan Dunia Industri di Konsentrasi Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Pandeglang Tahun Ajaran 2023/2024. Simpati, 1(4), 161-165.

Mamis, S. (2023). Teknologi informasi dan komunikasi sebagai media baru dalam komponen pembelajaran. Al-Munzir, 13(2), 253-272.

Nurzannah, S. (2022). Peran guru dalam pembelajaran. ALACRITY: Journal of Education, 2(3), 26-34.

Rifky, S., Suhirman, L., Kurniawati, I., Abdurahman, A., Sutiyatno, S., Santika, T., ... & Indiati, I. (2024). Buku Ajar Model dan Strategi Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Riyana, C. (2012). Media pembelajaran. KEMENAG RI.

Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya strategi pembelajaran yang tepat bagi siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32-37.

Siregar, E., Nara, H., & Jamludin, A. (2010). Teori belajar dan pembelajaran.

Suparman, I. N. (2025). Evaluasi dan Pengukuran Keberhasilan Strategi Pembelajaran. Bunga Rampai Strategi Pembelajaran: Konsep, Implementasi, dan Inovasi, 79.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suhartawan, V. V. BAB 3 Komponen-Komponen Pembelajaran. Microteaching, 25.

Utami, N. A., & Hidayat, R. (2022). Strategi pembelajaran abad 21 untuk meningkatkan kompetensi siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(1), 45–53.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.

Downloads

Published

2025-06-12

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>