ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MODEL FLIPPED CLASSROOM DI SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25686Keywords:
E-Modules, Teaching Materials, Flipped Classroom, Pancasila EducationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis model flipped classroom pada materi bentuk-bentuk norma di kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, studi dokumen, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar digital atau e-modul berbasis model flipped classroom ini dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar secara mandiri serta dapat dilakukan secara fleksibel di mana saja dengan arahan atau bimbingan orang tua. Selain itu, dengan adanya e-modul ini, pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila menjadi lebih menarik, bervariasi, dan bermakna. Namun, dalam implementasinya di lapangan masih terdapat beberapa tantangan, seperti keterbatasan bahan ajar digital dan rendahnya literasi teknologi di kalangan pendidik. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pengembangan e-modul interaktif berbasis model flipped classroom yang lebih adaptif terhadap kebutuhan siswa dan pendidik secara luas, serta diintegrasikan berbasis digital dan model kelas terbalik sesuai dengan Kurikulum MerdekaDownloads
References
Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1541–1546. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2772%0Ahttps://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2772/pdf
Aulia, N., Sarinah, S., & Juanda, J. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 14–20.
Auliyah, D. D., Rahayu, S., & Habibah, N. (2024). Analisis Pengaruh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pembelajaran. 02, 203–216.
Elwijaya, F. (2021). Sistem, Nilai, dan Norma dalam Pendidikan Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1840–1845. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1186
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Faridatunnadiroh, I. (2021). Pengembangan Modul Ips Terpadu Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Manusia, Tempat, Dan Lingkungan Di Mts Al-Kholily Ma’Unah Sari. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.
Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal. JECED : Journal of Early Childhood Education and Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1541–1546. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2772%0Ahttps://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2772/pdf
Aulia, N., Sarinah, S., & Juanda, J. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 14–20.
Auliyah, D. D., Rahayu, S., & Habibah, N. (2024). Analisis Pengaruh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pembelajaran. 02, 203–216.
Elwijaya, F. (2021). Sistem, Nilai, dan Norma dalam Pendidikan Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1840–1845. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1186
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Faridatunnadiroh, I. (2021). Pengembangan Modul Ips Terpadu Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Manusia, Tempat, Dan Lingkungan Di Mts Al-Kholily Ma’Unah Sari. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.
Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 84–97. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.462
Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 25. https://doi.org/10.12928/citizenship.v5i2.23179
Patandean, YR, & Indrajit, RE (2021). Flipped Classroom: Menjadikan peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif . Penerbit Andi
Sholeh, B., Hufad, A., & Fathurrohman, M. (2023). Pemanfaatan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Mandiri Sesuai Kapasitas Siswa. 9(2), 665–672.
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236
Yusuf, M. (2025). Flipped Classroom: Revolusi Pengajaran dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa. Academicus: Jurnal Belajar Mengajar , 4 (1), 27-44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.