PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP MOTIVASI SISWA DI SDN 42 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25741Keywords:
Model Course Review Horay, Media Wordwall, MotivationAbstract
Model Course review horay merupakan salah satu teknik pembelajaran kooperatif yang memungkinkan dapat mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Media Wordwall adalah situs web yang menawarkan banyak permainan yang berfungsi sebagai alat penilaian pembelajaran dan menyenangkan. Motivasi adalah suatu perubahan dalam diri seseorang yang dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model course review horay berbantuan media wordwall terhadap motivasi siswa di SDN 42 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif . Desain yang digunakan yaitu Posttest Only Control Design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian berjumlah 48 siswa berdasarkan teknik sampling total, maka sampel berjumlah 48 siswa yang terdiri dari 23 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket. Uji validasi angket menyatakan bahwa 15 pernyataan semuanya valid. Reabilitas instrumen menggunakan rumus Alpa Cronbach’s. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik Uji-T yaitu independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model course review horay berbantuan media wordwall terhadap motivasi siswa kelas IV SDN 42 Palembang dengan nilai siginifikansi 0,000 kurang dari 0,05 (sig 0,000 < 0,05). Jadi, dengan menggunakan model course review horay berbantuan media wordwall dapat berpengaruh positif terhadap motivasi siswa saat belajar. Kata Kunci: Model Course Review Horay, Media Wordwall, MotivasiDownloads
References
Akhiruddin, (2020). Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Imlementasi).Yogyakarta: samudra Biru.
Daronsyah I., Adri, H. T., & Effane, A. (2024). Analisis Pengaruh Model Course Review Horay Terhadap motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Analysis of the influence of the course review horay model on primary school students learning motivation. Jurnal Sosial Humaniora (Vol. 2, Nomor 4).
Dwi Lestari, R. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall di Kelas IV SDN 01 Tanah baya Tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 02(02), 1-6
Farida, U , Murtiningsih, T. W. H (2020). Pengaruh Morivasi Belajar Terhadap Pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh siswa SMAN 1 Sukarejo kabupaten kendal. Jurnal perpustakaan, 73-82
Hamzah B. Uno. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Jatiyasa, I. W. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Bali (Permulaan) melalui Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas III SDN 3 Tiyingtali Tahun Pelajaran 2019/2020.JURNALLAMPUHYANG.V11I2.19.
Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education Vol.3 No.2, 134-150.
Masnunah, Apriani, P. D. N., Nufus, H. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Berbasis Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Talang Ubi. Indonesian Research Journal On Education(vol. 4, Nomor 1)
Nisa, M. A., Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140.
Sinaga, Y. M., Soesanto, R. H. (2022). Upaya Membangun Kedisplinan melalui Media Wordwall dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1845–1857.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung, Alfabeta.
Susanto, N. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Penjualan Pt Rembaka. Agora (Vol. 7, Nomor 1).
Wandini, R. R., Damanik, E. S. D., Iskandar. W. (2019). Analysis of Problem Solving Ability Students Mathematis PGMI UINSU Based Zone of Proximal Development Of Students Primary School. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED) 4th Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Yuliana, V. Mulbasari, A. S. Yunika L. S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP). Jurnal Pendidikan Matematika (LAPLACE)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.