PROBLEMATIKA DAN UPAYA DALAM MENDORONG BUDAYA LITERASI MEMBACA PADA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25742Keywords:
literacy culture, reading interest, elementary school student, teacher efforfsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami berbagai permasalahan serta upaya-upaya yang dilakukan dalam membangun budaya literasi membaca di kalangan siswa kelas 3 di salah satu SD di Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Masalah utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya minat baca siswa, yang dipengaruhi oleh faktor internal seperti lemahnya pemahaman terhadap isi bacaan, serta faktor eksternal seperti kurang memadainya sarana literasi dan minimnya dukungan dari keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa budaya literasi yang lemah dipicu oleh tidak terbiasanya siswa membaca, terbatasnya bahan bacaan yang sesuai minat, serta belum tersedianya ruang baca yang nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, guru melakukan berbagai upaya seperti pembelajaran interaktif, penggunaan media audiovisual, penyediaan pojok baca, serta penerapan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Penelitian ini menekankan pentingnya sinergi antara guru, pihak sekolah, dan keluarga dalam menanamkan kebiasaan membaca sejak usia dini.Downloads
References
Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, dan Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10736
Arni, M. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Journal Hadratul Madaniyah, 7(1), 56–62.
Darmadi. (2020). Membaca Yukk “Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini.” GUEPEDIA.
Hamdah, S. (2018). Problematika Serta Solusi Program Literasi dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 44 Pamulang (Bachelor's thesis).
Hasyim, N., Mutiaz, I. R., & Sahari, A. (2014). Perancangan Desain Aplikasi Buku Digital (EBook) Dengan Objek Masjid Agung Demak. Techno.COM, 13(3), 158–167. https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/technoc/article/view/566
Huninairoh, S. (2017). Pemanfaatan Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini di TK Pertiwi Desa Wangandalem, Brebes. Skripsi. Purwokerto: Fakultas Tarbiyan dan Ilmu Keguruan, IAIN Purwokerto.
Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866-2873.
Jatnika, S. A. (2019). Budaya literasi untuk menumbuhkan minat membaca dan menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1-6.
Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika guru dalam melaksanakan program literasi di kelas IV Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 31-37.
Mulasih, M., & Hudhana, W. D. (2020). Urgensi Budaya Literasi Dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 19-23.
Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81–85. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.599
Puspitasari, N. A., & Sukartono, S. (2022). Problematika Guru dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Membaca pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 4342-4350.
Rofiki, M. (2019). Urgensi Supervisi Akademik dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Industri 4.0. Journal of Basic Education, 2(3), 502–514.
Rozak, R. R., & Parwati, A. (2024). Membangun budaya literasi melalui pojok baca dan pohon literasi pada siswa di kelas V SD Negeri Sukorejo III Kabupaten Bojonegoro. Abdimas Siliwangi, 7(2), 439-456.
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910 1917.
Shomiyatun, S. (2018). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 148–172. https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.41
Sugiyono, M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wahyuni, S. (2009). Menumbuhkembangkan minat baca menuju masyarakat literat. Diksi, 16(2).
Wiwikananda, S. K. S., & Briansyah, D. A. (2024). Peran Guru Terhadap Keterampilan Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah Peserta Didik Sekolah Dasar. JESE: Journal of Elementary School Education, 1(01), 50-59.
Yukaristia. (2019). Literasi: Solusi Terbaik Untuk Mengatasi Problematika Sosial di Indonesia. CV Jejak
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.