PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 102 PALEMBANG

Authors

  • Yunita Sari Universitas PGRI Palembang
  • Ramanata Disurya Universitas PGRI Palembang
  • Tanzimah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25751

Keywords:

Karakter Disiplin, Pendidikan Karakter, Peran Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam membentuk karakter disiplin siswa dan apa saja hambatan guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IV di SD Negeri 102 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh langsung dari guru kelas IV di SD Negeri 102 Palembang, sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, buku, dan dokumen-dokumen lain yang berhubungan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai pendidik dalam membentuk karakter disiplin siswa memiliki peran sebagai pengajar, pelatih, pengelola kelas, informan, motivator, demonstrator, dan evaluator dalam membentuk karakter disiplin siswa. Dalam menjalankan perannya, guru menghadapi beberapa hambatan seperti kurangnya kerja sama orang tua, pengawasan guru terhadap siswa terbatas, pengaruh sosial dari teman, dan penyalahgunaan teknologi. Meski demikian, guru dapat mengendalikan hambatan tersebut dengan menggunakan strategi yang tepat, seperti membiasakan perilaku disiplin, memberikan motivasi, serta menerapkan hukuman dan apresiasi sebagai bentuk penguatan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afianti, D., Witono, A. H., & Syahrul Jiwandono, I. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di Sdn 7 Woja Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 203–213. https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2367

Arniah, A., Rifa’I, A., & Jannah, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8626–8634. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3843

Bisri, H., & Ulfa, M. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Ebtida’: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(01), 44–52. https://doi.org/10.33379/ebtida.v1i01.922

Dwi, S., Juliansyah, P., & Farhan, Y. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Karakteristik Siswa Di SD Negeri 100 Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(September), 870–881.

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638

Lexy J. Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, 1(22 Jan), 1–17.

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1229

Novita Sari, A., & Rahima, Endah, R. (2021). Konsep dan Upaya Menjadi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia Yang Ideal Dimasa Depan. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021, 91–96.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.9498

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), 89–98. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274

Romadanita, K., Surmilasari, N., & Kuswidyanarko, A. (2022). Peran Kepala Sekolah dan Guru Dalam Pendidikan Karakter Displin dan Tanggung Jawab di SD Negeri 87 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5271–5277. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.9118

Santosa, S., & Andrean, S. (2021). Pengembangan dan Pembinaan Karakter Siswa dengan Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Contextual Idol di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 952–957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.849

Sudaryono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Kencana. https://books.google.co.id/books?hl=id&id=uTbMDwAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (pp. 94–95). Penerbit alfabeta.

Wiyanda Vera Nurfajriani, Muhammad Wahyu Ilhami Arivan Mahendra, Rusdy Abdullah Sirodj, M. W. A. (2024). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(September), 826-833 DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.13929272

Yohana Afliani Ludo Buan. (2021). Buku Ludo Buan (2021). Guru dan Pendidikan Karakter. Penerbit Adab.

Downloads

Published

2025-06-12

Most read articles by the same author(s)