PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 1 SDN CEMENGBAKALAN 1

Authors

  • Al Madinatul Munawaroh Munawaroh PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Nurul Aini

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25765

Keywords:

Model kooperatif tipe make a match, Hasil belajar, pendidikan pancasila.

Abstract

Pendidikan pancasila merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus ada disekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran ini mengutamakan kerjasama serta bersifat permainan dengan mencocokkan sebuah kartu. Model tersebut mampu membuat peserta didik senang dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran sehingga peserta didik lebih mudah dalam memahami materi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental Design jenis One Grup Pretest Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas 1 di SDN Cemengbakalan 1. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes yang kemudian diuji dengan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data yang diolah menggunakan software SPSS IBM 25 , mendapatkan hasil bahwa nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari signifikansi (0,000 < 0,05). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas 1 di SDN Cemengbakalan 1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, Y. N., & Jannah, A. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V SD Negeri Rayung II Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor yang dirancang untuk membekali pese. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa Volume., 2(3), 19–39. https://journal.staiypiqbaubau.ac.id/index.php/Perspektif

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Mulyawati, F. (2023). Karakteristik Belajar Dan Pembelajaran Anak Usia Sekolah Dasar (SD). Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandir, 09(02), 4744–4753.

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436

Masithoh, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 4(1), 21–27. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i1.80

Purwanti, S., & Saputri, N. D. (2020). Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah Karangploso. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 445–451. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.7286

Ramdayanti, E., Wulan, N. S., & Rusmana, P. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Steinberg Berbantuan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan 4 : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD, 223–233. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk%0APengaruh

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran (2nd ed.). PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, R. D. K., & Arifin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Kraton pada Tema 6. MODELING: Jurnal Program …, 9(1), 281–291.

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan (3rd ed.). Alfabeta.

Suryana, A., & Aqilah, D. (2022). Desain Pembelajaran Kooperatif Learning Teknik Kancing Gemerincing pada Bahasa Indonesia Kelas V. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(1), 29–40. https://doi.org/10.47467/edui.v3i1.1406

Wastriami, W., & Mudinillah, A. (2022). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 25 Tambangan. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 30–43. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i1.195

Downloads

Published

2025-06-29