PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA FLIPBOOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI NGROTO BULUKERTO WONOGIRI

Authors

  • Muhammad Amin Makruf Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Moefty Mahendra Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25796

Keywords:

Student learning outcomes, Student activity, Flipbook learning media

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah penerapan media flipbook dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar keterampilan menulis puisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Ngroto Bulukerto Wonogiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan keaktifan dan hasil belajar keterampilan menulis puisi siswa menggunakan media flipbook pada siswa kelas IV SD Negeri Ngroto Bulukerto Wonogiri. Metode penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dikemukakan oleh Kemmis dan McTaggart, model penelitian tindakan kelas ini yang didalamnya meliputi kegiatan: Perencanaan (planning), Tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian siklus I didapat rata-rata persentase keaktifan belajar sebesar 64,0% dengan kategori cukup, dimana terdapat kenaikan keaktifan siswa sebesar 3,9% yang sebelumnya di pra siklus rata-rata persentase sebesar 60,1%. Sedangkan hasil tes belajar keterampilan menulis puisi pada siklus I terlihat bahwa rata-rata hasil tes belajar siswa sebesar 67,6 dengan kategori belum tuntas. Walaupun belum tuntas dalam siklus I terdapat peningkatan sebesar 9,7 yang sebelumnya di pra siklus rata-ratanya sebesar 57.9. Maka dari itu peneliti memandang perlu untuk melanjutkan ke pelaksanaan siklus II. Setelah dilaksanakan siklus II hasil keaktifan dan hasil belajar keterampilan menulis puisi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sudah mencapai hasil interventasi tindakan yang diharapkan yaitu siswa yang aktif mencapai ≥ 80% dari jumlah siswa yang ada di kelas. Rata-rata persentase keaktifan belajar sebesar 85,6% dengan kategori baik/aktif, dimana terdapat kenaikan yang sangat signifikan sebesar 21,6% yang sebelumnya di siklus I rata-rata persentase sebesar 64,0%. Sedangkan hasil tes belajar keterampilan menulis puisi pada siklus II terlihat bahwa rata-rata hasil tes belajar siswa sebesar 81,8 dengan kategori baik/sudah tuntas. Pada siklus II terdapat peningkatan sebesar 14,2 yang sebelumnya di pra siklus rata-ratanya sebesar 67,6. Hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan media pembelajaran flipbook untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD N Ngroto Bulukerto Wonogiri sudah berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, Syastra. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, Vol. 3 No.2, ISSN 2337-8794

Aghni, Rizqi Ilyasa. (2018). fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran akuntansi. jurnal pendidikan akuntansi indonesia, XVI, 98-107.

Agnes Pitaloka, Amelia Sundari. “Seni Mengenal Puisi.” edited by Rosmilan Pulungan, 9. Medan: Guepedia, 2020

Aizah, A. R. (2018). Bahasa Indonesia dalam Karya Sastra: Peran dan Fungsinya sebagai Pembentuk Identitas Nasional. Jurnal Pena Indonesia, 4(1), 1-15.

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37.

Amanullah, M. A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 40.

Ardika, I Wayan. 2018. Asiknya Menulis Puisi. Bali: CV Grapena Karya.

Asyhar, R. (2020). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran (Vol. 2). Jakarta: Gaung Persada Press.

Baridwan, Zaki. 2013. Sistem Informasi Akuntansi, edisi kedua. Yogyakarta: BPFE.

Bunda, Mentari Muliati. 2017. Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi. Universitas Negeri Makassar. 22.

Burhan, Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Crowther, C. H. (1999). Seeing and learning. In New Scientist (Vol. 162, Issue 2188). Daeli, N. E., & Frisca, S. (2020). Bahasa Indonesia. Jurnal Kesehatan, 8(1), 33–41. https://doi.org/10.35913/jk.v8i1.166

Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Fitriani, M. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Berbentuk Katalog Gambar Kelas IV Sdn 41 Negerikaton Kab. Pesawaran Tahun Ajaran 2018/2019. 53–55. http://repository.radenintan.ac.id/8098/1/SKRIPSI.pdf

Hidayanti, E. N. (2023). Penggunaan Media Flipbook Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 3150–3157. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5483%0Ahttps://conferenc e.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/download/5483/4285

Khaerunnisa dan Muhammad Nasir. 2018. Penerapan Media Musikalisasi Puisi terhadap Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa X MIPA 3 SMAN 87 JAKARTA. Jurnal Pena Literasi. 1(2): 125.

Kinani, Ristu. 2013. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Model Active Learning Teknik Imajinasi Siswa Kelas V Sd Godegan Srandakan Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: UNY, FIP.

Murfiah, Uum. (2017). Pembelajaran Terpadu. Bandung: Departemen FKIP Universitas Pasundan

Mustakim. 2020. Jurnal Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. 2 (1): 1-12.

Nisak, K., Ahmadi, A., & Mazidah, N. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Metode Pembelajaran Permainan Estasi ( Estafet Menulis Puisi ) di Kelas X-5 SMAN 2 Jombang. Sastranesia: Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 11(2), 120–133.

Nugraha, S. A., Sudiatmi. T., Suswandri, M. 2020. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 1. No. 3. Hal. 270.

Purmono, P. I. D., Aprilia, R., & Fatonah, K. (2023). Karakteristik Puisi Siswa Kelas 4 Di Sdn Kebon Jeruk 06 Jakarta. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin. prosiding.esaunggul.ac.id

Rika Widianita, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Kreatif Puisi Dengan Pemanfaatan Media Lagu Pada Siswa Kelas Viii Mts Muhammadiyah 01 Cekelan Tahun Ajaran 2022/2023. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanti, S., & Zulfiana, A. (2018). Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16.

Suyono & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyono & Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar & Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suyoto. (2021). Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Kelas. Surakarta: UNISRI Press.

Tarigan, I. Y., Amalia, N., & Hasibuan, M. S. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama Menggunakan Media Flipbook Pada Siswa Kelas XI Smk Negeri 7 Medan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7).

Wahyudi, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri Suryodinigratan 2 Yogyakarta. Basic Education, 5(16), 1–154.

Wardah, N. S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Boyolali: Lakeisha.

Warsidi, Edi. 2009. Pengetahuan Tentang Puisi. Bandung: Sarana Ilmu Pustaka.

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 1–7. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/245

Wiyati, Retno. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Puzzle Siswa Kelas VII E SMP Negeri 4 Ponorogo. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP). 7(2): 60-67.

Wulandari, Santi; Widya Kusumaningsih; Suciana, F. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tema 8 Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Blended Learning Pada Siswa Kelas Iii Sdn Lambangan Wetan. Malih Peddas, 11(1), 163–172.

Yeti, B. (2018). Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus di SMA PGRI 56 Ciputat). Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 8–9.

Kewarganegaraan.Education:Jurnal Ilmu Pendidikan ,18(1),172-184.

Downloads

Published

2025-06-09