PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SDS SWADHIPA NATAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25820Keywords:
Learning Cycle 5E Learning Model, Video Media, Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media video materi Bab 8 bumiku sayang bumiku malang kelas V di SDS Swadhipa Natar, Lampung Selatan. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media foto slide suara dengan pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media video terhadap hasil belajar IPAS kelas V di SDS Swadhipa Natar, Lampung Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif dengan bentuk Post-test Only Control Grup Design. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media video materi Bab 8 bumiku sayang bumiku malang kelas V di SDS Swadhipa Natar, Lampung Selatan dengan hasil perhitungan uji T yaitu T-hitung = 3,218 > nilai T-tabel = 2,02619, maka terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media video hasil belajar IPAS peserta didik kelas V. 2) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media video terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SDS Swadhipa Natar, Lampung Selatan dengan nilai rata-rata ulangan harian = 51,5 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol = 77,25, nilai rata-rata ulangan harian = 55,05 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen = 84,21 yang berarti (84,21 > 77,25).Downloads
References
Amin dan Linda Yurike Susan Sumendap (2022), 164 Model Pembelajaran Kontemporer. In Pusat Penerbitan LPPM Universitas Islam 45 Bekasi.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. In Bintang Sutabaya.
Najuah, R. S., & S, R. (2021). Pentingnya Mengembangkan Modul elektronik Di Era Digital. In CV AA Rizki.
Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Dominggus Tahya dan Maryone Salja (2023), Buku Ajar Pembelajaran Inovatif. In Penerbit Feniks Muda Sejahtera.
Artikel in Press :
Astuti, N., & Muncarno, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Tematik Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 983.
Eriska, Firmansyah, W., & Muhdiyati, I. (2023). Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 20–27.
Hasibuan, Y. R., Khairani, N., & Surya, E. (2023). Pengaruh Kemampuan Awal Matematis dan Model Learning Cycle 5e Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dan Kemandirian Belajar Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 740–750.
Hidayat, H., Arifin, A., & Akbar, I. W. (2022). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas V SDN 01 Pajo. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 36–43.
Indriawati, Buchori, I., Acip, Sirrulhaq, S., & Solihutaufa, E. (2021). Model Dan Strategi Pembelajaran. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(2), 274–284.
Korosando, F., & Raji, M. N. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik (Kesulitan Belajar Ditinjau dari Faktor Eksternal). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5618–5623.
Siswanto, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 522.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.