ANALISIS INOVASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Syaira Mauluda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Nuralmira Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Robiah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25871

Keywords:

Inovasi Kurikulum, Kurikulum Merdeka, Kemandirian Siswa

Abstract

Kurikulum merdeka adalah inovasi pembelajaran yang dibuat oleh pemerintah untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan serta karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai strategi dalam kurikulum merdeka yang mampu meningkatkan kemandirian siswa sekolah dasar. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya temuan terhadap penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penilaian dan Pembelajaran Kemendikbud pada tahun 2022 yang menyatakan bahwa lebih dari 60 % siswa sekolah dasar yang masih bergantung pada arahan guru dan orang tua, bahkan dalam menyelesaikan tugastugas yang sederhana sekalipun. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka yaitu menganalisis data atau teori yang relevan yang berkaitan dengan strategi inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kurikulum merdeka memberikan ruang kepada yang mampu meningkatkan motivasi siswa selama proses pembelajaran dan melatih karakter siswa melalui projek penguatan profil pelajar pancasila.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adicita, T. DKK. (2023). Peranan Guru Pada Implementasi Kuriklum Merdeka Pada Komponen Pembuatan Modul Ajar Pendidikan Pancasila Di SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal SELAMI IPS.

Amini, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan, 16(2), 45-52.

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290-298.

Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662-670.

Cahyani, A., & Aziz, T. A. (2023). Studi Literatur: Kemandirian Belajar Siswa Dan Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Kurikulum Merdeka. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 4122–4135.

Daryanto. (2013). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimatuzzahrah, F., Sakinah, L., & Alyasari, S. A. (2024). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah: Tantangan Membangun Kualitas Pendidikan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 43-53.

Hafidzon. DKK. (2022). KONSEP INOVASI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia.

Hosnan, M. (2017). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Makarim, N. (2021). Kebijakan Kurikulum Merdeka Dan Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbudristek.

Makarim, N. A. (2022). Sambutan Menteri Pendidikan Pada Peluncuran Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.

Muzakkir, E. S. DKK. (2024). Inovasi Dalam Kurikulum Pendidikan.

Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal Of Education, 2(3), 201-211.

Nugraha, O. B., Frinaldi, A., & Syamsir, S. (2023). Pergantian Kurikulum Pendidikan Ke Kurikulum Merdeka Belajar Dan Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 390-404.

Nuriah, C. I., Silvia, O., Pratiwi, P. D. N., Sari, S. R., Rhomadoni, S., & Zad, T. F. K. (2023). Meningkatkan Kemandirian Dan Kreativitas Siswa Dalam Pendidikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 11.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know And Can Do. OECD Publishing.

Salassa, A., Rombe, R., & Parinding, J. F. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(6), 541–554.

Saputra, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Kecerdasan Emosional, Konsep Diri Dan Pola Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Nusantara (JPKN), 1(1), 15–20. Https://Dinastires.Org/JPKN/Article/View/111/104

Shulhan, M. (2019). Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 20(1), 33-40.

Slamet, S. Y. (2017). Pendidikan Karakter: Strategi Menumbuhkan Nilai-Nilai Positif Dalam Diri Siswa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sudrajat, A. (2022). Strategi Pembelajaran Di Era Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: Andi Offset.

Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1. Https://Doi.Org/10.36709/Jpm.V11i1.9638

Suyanto. (2016). Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Laksana.

Wening, S. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-11

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>