PENGARUH PENGGUNAAN CERITA PENDEK DALAM FILM 'BUDIPEKERTI' SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 WANASARI
PENGARUH PENGGUNAAN CERITA PENDEK DALAM FILM 'BUDIPEKERTI' SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 WANASARI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25874Keywords:
Media Pembelajaran, Film Pendek, Keterampilan Menyimak, Sikap Sosial, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemanfaatan media pembelajaran di SMP Negeri 3 Wanasari yang berdampak pada rendahnya keterampilan menyimak dan sikap sosial siswa. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh penggunaan cerita pendek dalam film "Budipekerti" terhadap peningkatan keterampilan menyimak dan sikap sosial siswa kelas VIII. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik proportionate stratified random sampling melibatkan 30 siswa dari 197 populasi. Instrumen pengumpulan data mencakup observasi partisipatif, kuesioner sikap sosial, tes keterampilan menyimak, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen dengan keterampilan menyimak meningkat 30,12% (pretest 64,4; posttest 83,8) dibandingkan kelompok kontrol yang hanya 2,74% (pretest 64,7; posttest 66,5). Sikap sosial pada kelompok eksperimen meningkat 31,89% (pretest 3,23; posttest 4,26) sedangkan kelompok kontrol hanya 2,04% (pretest 3,24; posttest 3,30). Uji-t mengkonfirmasi perbedaan signifikan (p<0,05) dengan korelasi positif kuat (r=0,784 untuk keterampilan menyimak; r=0,812 untuk sikap sosial). Disimpulkan bahwa film "Budipekerti" efektif meningkatkan keterampilan menyimak dan sikap sosial siswa dengan kontribusi 61,47% dan 65,93%. Disarankan pendidik mengintegrasikan media audiovisual dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.Downloads
References
Handayani, A. T., Adiredja, R. K., &
Nuriyanti, R. (2025).
PENGARUH MEDIA FILM
PENDEK TERHADAP
KETERAMPILAN MENYIMAK
SISWA PADA MATA
PELAJARAN BAHASA
INDONESIA. Bale Aksara, 6(1),
36–42.
Iasya, F., & Ayu, S. (2024). Pengaruh
Media Sinema Edukasi terhadap
Kemampuan Komunikasi Bahasa
Inggris Kelas X Sekolah
Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmu
Pendidikan, 6(2), 1363–1371.
Kurniawan, P. Y., Nurpratiwiningsih,
L., Rahayu, T., & Fitri, N. (2021).
Pelatihan Menulis Deskripsi
dengan menggunakan Media
Gambar untuk Menumbuhkan
Nilai-Nilai Karakter. 1(02).
Manjillatul Urba, Annisa Ramadhani,
Arikah Putri Afriani, & Ade
Suryanda. (2024). Generasi Z:
Apa Gaya Belajar yang Ideal di
Era Serba Digital? DIAJAR:
Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran, 3(1), 50–56.
https://doi.org/10.54259/diajar.v3i
1.2265
Martono, M. (2018). Cerpen Sebagai
Media Pembentukan Karakter
Siswa. Jurnal Edukasi
Khatulistiwa : Pembelajaran
Bahasa Dan Sastra Indonesia,
1(1), 1.
https://doi.org/10.26418/ekha.v1i
1.24825
Pardosi, H., Samosir, T. A., & Pardede,
B. P. (2025). Pengaruh
Penggunaan Media Audiovisual
Terhadap Motivasi Belajar Siswa
dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas VIII SMP Negeri 2 Balige
Tahun Pelajaran 2024 / 2025.
Purwanza, S. W., Wardhana, A.,
Mufidah, A., Renggo, Y. R.,
Hudang, A. K., Setiawan, J., &
Darwin. (2022). Metodologi
Penelitian Kuantitatif, Kualitatif
dan Kombinasi. In Media Sains
Indonesia (Issue March).
Rohmah, M. (2024). Pesan Singkat
Film Budi Pekerti: Beretika dalam
Bermedia. Journal AL MIKRAJ ,
4(2), 1–15.
Sadwika, I. N. (2020). CERITA
RAKYAT BALI (SATUA )
SEBAGAI MEDIA
PEMBELAJARAN KEKRITISAN
PENALARAN ANAK USIA
SEKOLAH DASAR DAN
PENDIDIKAN KARAKTER.
2507(February), 1–9.
https://doi.org/10.5281/zenodo.4
049413
Setiawaty, R. (2024). Eksplorasi
Media Pembelajaran dalam
Meningkatkan Keterampilan
Berbicara di SD 2 Kesambi
Kudus. 4(3), 474–485.
Sugiyono, P. (2015). Metode
penelitian kombinasi (mixed
methods). Bandung: Alfabeta,
28(1), 12.
Timur, M. P., Purbosari, P. M., & Siswi,
D. A. (2024). Pengaruh
Media Pembelajaran Audio
Visual Terhadap Pembentukan
Karakter Siswa Sekolah Dasar.
SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah,
3(2), 586–610.
https://doi.org/10.55681/sentri.v3i
2.2299
Wahyudi, W., Yahya, M. D., Jenuri, J.,
Susilo, C. B., Suwarma, D.
M., & Veza, O. (2023).
Hubungan Penggunaan
Multimedia dalam Pembelajaran
terhadap Peningkatan Hasil
Belajar Peserta Didik. Journal on
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.