PENGARUH PENGGUNAAN CERITA PENDEK DALAM FILM 'BUDIPEKERTI' SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 WANASARI

PENGARUH PENGGUNAAN CERITA PENDEK DALAM FILM 'BUDIPEKERTI' SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 WANASARI

Authors

  • Hernan Khaliki Universitas Muhadi Setiabudi
  • Prassetyo Yuli Kurniawan Universitas Muhadi Setiabudi
  • Hany Uswatun Nisa Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25874

Keywords:

Media Pembelajaran, Film Pendek, Keterampilan Menyimak, Sikap Sosial, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemanfaatan media pembelajaran di SMP Negeri 3 Wanasari yang berdampak pada rendahnya keterampilan menyimak dan sikap sosial siswa. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh penggunaan cerita pendek dalam film "Budipekerti" terhadap peningkatan keterampilan menyimak dan sikap sosial siswa kelas VIII. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik proportionate stratified random sampling melibatkan 30 siswa dari 197 populasi. Instrumen pengumpulan data mencakup observasi partisipatif, kuesioner sikap sosial, tes keterampilan menyimak, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen dengan keterampilan menyimak meningkat 30,12% (pretest 64,4; posttest 83,8) dibandingkan kelompok kontrol yang hanya 2,74% (pretest 64,7; posttest 66,5). Sikap sosial pada kelompok eksperimen meningkat 31,89% (pretest 3,23; posttest 4,26) sedangkan kelompok kontrol hanya 2,04% (pretest 3,24; posttest 3,30). Uji-t mengkonfirmasi perbedaan signifikan (p<0,05) dengan korelasi positif kuat (r=0,784 untuk keterampilan menyimak; r=0,812 untuk sikap sosial). Disimpulkan bahwa film "Budipekerti" efektif meningkatkan keterampilan menyimak dan sikap sosial siswa dengan kontribusi 61,47% dan 65,93%. Disarankan pendidik mengintegrasikan media audiovisual dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handayani, A. T., Adiredja, R. K., &

Nuriyanti, R. (2025).

PENGARUH MEDIA FILM

PENDEK TERHADAP

KETERAMPILAN MENYIMAK

SISWA PADA MATA

PELAJARAN BAHASA

INDONESIA. Bale Aksara, 6(1),

36–42.

Iasya, F., & Ayu, S. (2024). Pengaruh

Media Sinema Edukasi terhadap

Kemampuan Komunikasi Bahasa

Inggris Kelas X Sekolah

Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmu

Pendidikan, 6(2), 1363–1371.

Kurniawan, P. Y., Nurpratiwiningsih,

L., Rahayu, T., & Fitri, N. (2021).

Pelatihan Menulis Deskripsi

dengan menggunakan Media

Gambar untuk Menumbuhkan

Nilai-Nilai Karakter. 1(02).

Manjillatul Urba, Annisa Ramadhani,

Arikah Putri Afriani, & Ade

Suryanda. (2024). Generasi Z:

Apa Gaya Belajar yang Ideal di

Era Serba Digital? DIAJAR:

Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran, 3(1), 50–56.

https://doi.org/10.54259/diajar.v3i

1.2265

Martono, M. (2018). Cerpen Sebagai

Media Pembentukan Karakter

Siswa. Jurnal Edukasi

Khatulistiwa : Pembelajaran

Bahasa Dan Sastra Indonesia,

1(1), 1.

https://doi.org/10.26418/ekha.v1i

1.24825

Pardosi, H., Samosir, T. A., & Pardede,

B. P. (2025). Pengaruh

Penggunaan Media Audiovisual

Terhadap Motivasi Belajar Siswa

dalam Pembelajaran Pendidikan

Agama Kristen dan Budi Pekerti

Kelas VIII SMP Negeri 2 Balige

Tahun Pelajaran 2024 / 2025.

Purwanza, S. W., Wardhana, A.,

Mufidah, A., Renggo, Y. R.,

Hudang, A. K., Setiawan, J., &

Darwin. (2022). Metodologi

Penelitian Kuantitatif, Kualitatif

dan Kombinasi. In Media Sains

Indonesia (Issue March).

Rohmah, M. (2024). Pesan Singkat

Film Budi Pekerti: Beretika dalam

Bermedia. Journal AL MIKRAJ ,

4(2), 1–15.

Sadwika, I. N. (2020). CERITA

RAKYAT BALI (SATUA )

SEBAGAI MEDIA

PEMBELAJARAN KEKRITISAN

PENALARAN ANAK USIA

SEKOLAH DASAR DAN

PENDIDIKAN KARAKTER.

2507(February), 1–9.

https://doi.org/10.5281/zenodo.4

049413

Setiawaty, R. (2024). Eksplorasi

Media Pembelajaran dalam

Meningkatkan Keterampilan

Berbicara di SD 2 Kesambi

Kudus. 4(3), 474–485.

Sugiyono, P. (2015). Metode

penelitian kombinasi (mixed

methods). Bandung: Alfabeta,

28(1), 12.

Timur, M. P., Purbosari, P. M., & Siswi,

D. A. (2024). Pengaruh

Media Pembelajaran Audio

Visual Terhadap Pembentukan

Karakter Siswa Sekolah Dasar.

SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah,

3(2), 586–610.

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i

2.2299

Wahyudi, W., Yahya, M. D., Jenuri, J.,

Susilo, C. B., Suwarma, D.

M., & Veza, O. (2023).

Hubungan Penggunaan

Multimedia dalam Pembelajaran

terhadap Peningkatan Hasil

Belajar Peserta Didik. Journal on

Downloads

Published

2025-06-07