PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MEDIA FLASHCARD MATERI KATA SEDERHANA KELAS 1 SDN 2 SINGOCANDI KUDUS
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MEDIA FLASHCARD MATERI KATA SEDERHANA KELAS 1 SDN 2 SINGOCANDI KUDUS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25909Keywords:
Kata Kunci: Flascard, Hasil Belajar, Kata SederhanaAbstract
Studi ini berfokus pada hasil belajar kosa kata peserta didik, penelitian dilakuan untuk meningkatkan hasil belajar kata sederhana melalui media flash card. Subjek penelitian ini berjumlah 9 peserta didik yang berada di SDN 02 Singocandi Kudus di kelas I. Model pembelajaran yang digunakan berupa tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan penelitian yang diggunakan berupa 1) Perencanaan , 2) Implmentasi, 3) Observasi, 4) Evaluasi. Indikator ketuntasan penelitian adalah pembelajaran memperoleh ketuntasan kalisikal >80%. Intrumen penelitian yang digunakan berupa hasil belajar dan observasi selama pembelajaran dilakukan. Berdasarkan implementasi media flash card dapat dikethui peserta didik memiliki kemampuan yang tinggi terhadap materi kata sederhana, dari hasil pembelajaran diketahui jika terjadi peningkatan belajar peserta didik dari 44% meningkat menjadi 89%. Hal ini menunjuukan efektifitas media flashcard mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi kata sederhana.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Arini, D., & Warsihna, J. (2023). Hasil Belajar Siswa Melalui Media Flashcards Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Fastabiqul Khairat. Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu, 02(01), 48–56.
Astrianingsih, D., & Sulastri. (2019). IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES USING FLASH CARD MEDIA ON. 8(1), 1–7.
Fahmi, Chamidah, D., Hasyda, S., & Muhammadog. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkan dan Praktis (pertama). Adanu Abimata.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. Retrieved from http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Irada, C. Y., & Setiawan, H. R. (2024). Hubungan Penggunaan Media Flashcard dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ilmu Tajwid d i SMP IT Iqra ’ Medan. 5(1), 1850–1860.
Jannah, M., Masfuah, S., & Artikel, I. (2022). GERAKAN LITERASI SEKOLAH MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Prasasti Ilmu, 2, 1–6.
Mulyati, Y. (2017). KOSAKATA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH ( KAJIAN. 99–107.
Najikhah, F., Masfuah, S., Fatimah, S., Anggraini, R., & Styaningsih, M. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR SISWA DALAM MATERI MAJAS METAFORA. 8(2), 228–236.
Pratiwi, M. P., Masfuah, S., & Ernawati, D. (2024). PENERAPAN MODEL TGT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD Mega Pandu Pratiwi Universitas Muria Kudus , Indonesia Siti Masfuah Universitas Muria Kudus , Indonesia Diana Ermawati Universitas Muria Kudus , Indonesia Abstrak Al-Madrasah : Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1750–1763. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2724
Rika, F., Rahayu, W., & Wardhani, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak dengan Menggunakan Media Kartu Suku Kata Bergambar. 4(2), 688–698. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.375
Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., R, S. F. D., & M, N. A. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL UNTUK PELAJARAN BAHASA INDONESIA. 18, 205–218.
Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 6(2), 85–94.
Soedarnadi, E. W., Sulisworo, D., Yogyakarta, D. I., Dahlan, U. A., & Yogyakarta, D. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Masalah Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Ideguru:Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 267–273. https://doi.org/https://doi.org/10.51169/ideguru.v713.386
Suciati, I., & Laili, A. M. (2023). Kemampuan Membaca Permulaan dengan Pemanfaatan Media Flash Card Pada Siswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Bhinneka PGRI ,. 7, 21734–21743.
Wati, I. K., Oka, I. G., & Padmadewi, N. N. (2021). Penggunaan Flash Card Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Peserta Didik. 1, 41–49.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.