ANALISIS SIKAP PEDULI SOSIAL SISWA KELAS V SD DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Authors

  • Tiara Nur Cahyati Universitas Negeri Jakarta
  • Iva Sarifah Universitas Negeri Jakarta
  • Mahmud Yunus Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25925

Keywords:

Karakter, Peduli Sosial, Ekstrakurikuler Pramuka

Abstract

Pembentukan karakter sangat ditekankan dalam pendidikan di Indonesia, termasuk pembentukan sikap peduli sosial. Permasalahan yang masih ditemukan di sekolah dasar yaitu rendahnya sikap peduli sosial siswa. Hal tersebut dapat memberikan dampak buruk dalam kehidupan sosial siswa, sehingga sangat penting menanamkan sikap peduli sosial siswa salah satunya melalui ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap peduli sosial siswa kelas V SD dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDN Pegangsaan Dua 06 Pagi. Pada penelitian ini, metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan di dalam ekstrakurikuler pramuka dapat membentuk sikap peduli sosial siswa kelas V di SDN Pegangsaan Dua 06 Pagi, salah satunya melalui kegiatan membuat miniatur tandu. Penanaman sikap peduli sosial siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor penghambat seperti keterbatasan pelatih pramuka dan fasilitas di sekolah. Faktor pendukung yang menunjang penanaman sikap peduli sosial siswa diantaranya yaitu tingginya partisipasi siswa dan dukungan dari warga sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasya, I. G. A. M. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 992–1002. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3084.

Andini, R. A., & Puspitasari, A. D. (2024). Analisis Profil Pelajar Pancasila Sub-Elemen Disiplin Diri Dalam Ekstrakurikuler Pramuka Pada Siswa Kelas IV. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 71–78. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2682.

Apreasta, L. (2023). Analisis Pembentukan Karakter Religius dan Gotong Royong Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan di SDN 60/VI Bangko IV Kabupaten Merangin. Journal On Teacher Education, 4(3), 541–549. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12636.

Aprillianti, B., Wahyudiana, E., & Sarifah, I. (2024). Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Ekstrakurikuler Kepramukaan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gondangdia 01 Pagi Jakarta Pusat. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(2), 100–114. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.2790.

Ariyanti, A. Z. (2024). Upaya Menanamkan Nilai danMoral Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 2(1), 95–101. https://doi.org/https://doi.org/10.70437/jedu.v2i1.16.

Aziz, R. A., & Ulya, V. F. (2022). Internalisasi Nilai Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 171–187. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2705.

Budiono, Marhamah, S. H. B., & Lutfiana, R. F. (2022). Analisis Karakter Gotong Royong Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 94–100. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.7073.

Gunawan, M. A., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., & Danim, S. (2022). The Role of Scouting Extracurricular in Developing the Attitude of Students’. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 14206–14217. https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.5284.

Jamo, M. S. (2023). A Systematic Review Analysis of Character Education Social Care in Elementary School. Journal of Basic Education Research, 4(2), 63–69. https://doi.org/10.37251/jber.v4i2.332.

Kurniawati, Wahyuningsih, Y., Furnamasari, Y. F., & Rachmania, S. (2023). Social Caring Behavior of Elementary School Students in Interacting with Peers. Journal of Islamic Communication and Counseling, 2(2), 108–118. https://doi.org/10.18196/jicc.v2i2.33.

Nurasiah, Solehuddin, & Supriatna, M. (2024). Program ekstrakurikuler pramuka dalam upaya pengembangan karakter mandiri peserta didik di sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 7(1), 148–155.

Nurhayati, A., Yunus, M., & Rahmania, R. (2023). Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Nilai Karakter Kepedulian Sosial Dan Kedisiplinan Siswa Generasi Alpha Di Sekolah Dasar Negeri Baraya II Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(1), 159–166. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3825.

Octaviasari, S., Rigianti, H. A., & Kurniawati, W. (2023). Analisis Sikap Sopan Santun Terhadap Karakter Peduli Sosial Siswa SD Negeri Mayangan. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 907–922. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i4.1715.

Prihatina, S. A., Sukarno, S., & Triyanto, T. (2022). Internalizing the Social Care Value of Elementary School Students through Character Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 14(2), 509–524. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i2.3417.

Putri, D. A., Khoirunnisa, P., & Khairunnisa, N. S. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Kepramukaan Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. JIPSD: Jurnal Inovasi Pendidikan Sekolah Dasar, 1(3), 179–186. Retrieved from https://journal.innoscientia.org/index.php/jipsd/index.

Rahmayani, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa. 9(3), 475–480. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779.

Ristiyani, R., & Asmawan, Moh. C. (2023). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Pramuka. Journal of Education Action Research, 7(4), 535–543. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.68688.

Suharman, Widyanto, N., Mahmud, M. E., & Sudadi. (2023). Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah. Jurnal Pendas Mahakam, 8(2), 149–157.

Susanti, S. E. (2022). Pendidikan Karakter dalam Membangun Kecerdasan Moral bagi Anak Usia Dini Perspektif Thomas Lickona. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i1.3396.

Tyas, V., & Zulaikha, S. (2021). Character Building Through the Scout Extracurricular Program. International Journal of Elementary Education, 5(1), 158–165. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE.

Downloads

Published

2025-06-12