Pengaruh Penyajian Hasil Analisis Teks Dalam Bentuk Diagram Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi

Authors

  • Salma Bishabrina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dian Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25942

Keywords:

Menulis, Literasi Numerasi, Diagram

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi, khususnya dalam mengorganisasi informasi factual ke dalam bentuk tulisan yang runtut dan sesuai struktur. Salah satu pendekatan yang dianggap efektif utnuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengintegrasikan keterampilan literasi numerasi, seperti penyajian data dalam bentuk diagram ke dalam proses pembelajaran menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyajian hasil analisis teks dalam bentuk diagram batang terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk pre-experimental tipe one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di salah satu SD di Ciamis yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes dan rubrik penilaian menulis deskripsi yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan statistic inferensial melalui uji normalitas Shapiro-Wilk dan Uji Paired Sample T-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan nilai pretest dan posttest, yang menandakan adanya pengaruh positif dari penyajian hasil analisis teks dalam bentuk diagram batang terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa. Dengan demikian, integrasi visualisasi data ke dalam pembelajaran bahasa terbukti berpengaruh dalam keterampilan menulis deskripsi siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Han, S., et al. (2017). Literasi

Numerasi. Jakarta: Gerakan

Literasi Nasional.

Indihadi, D., & Nugraha, Y. (2016).

Tahapan Menulis di Sekolah Dasar

[In press].

KEMENDIKBUDRISTEK. (2022).

Keputusan Kepala Badan Standar,

Kurikulum dan Asesmen

Pendidikan No. 033/H/KR/2022.

Jakarta: Kementerian Pendidikan,

Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Whinangun, S., et al. (2019). Menulis

sebagai Keterampilan Berbahasa

Tingkat Tinggi [In press or

institutional report]

Jurnal :

Han, S., Rosli, R., Capraro, M. M., &

Capraro, R. M. (2017). Integrating

numeracy and literacy in language

classrooms. Journal of STEM

Education, 18(2), 10–17.

Yuli, A., & Retno, W. (2014).

Peningkatan keterampilan menulis

deskripsi mahasiswa dengan teknik

obyek langsung melalui model

pembelajaran RISMA. Jurnal

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia.

Downloads

Published

2025-06-10