Pengaruh Penyajian Hasil Analisis Teks Dalam Bentuk Diagram Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25942Keywords:
Menulis, Literasi Numerasi, DiagramAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi, khususnya dalam mengorganisasi informasi factual ke dalam bentuk tulisan yang runtut dan sesuai struktur. Salah satu pendekatan yang dianggap efektif utnuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengintegrasikan keterampilan literasi numerasi, seperti penyajian data dalam bentuk diagram ke dalam proses pembelajaran menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyajian hasil analisis teks dalam bentuk diagram batang terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk pre-experimental tipe one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di salah satu SD di Ciamis yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes dan rubrik penilaian menulis deskripsi yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan statistic inferensial melalui uji normalitas Shapiro-Wilk dan Uji Paired Sample T-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan nilai pretest dan posttest, yang menandakan adanya pengaruh positif dari penyajian hasil analisis teks dalam bentuk diagram batang terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa. Dengan demikian, integrasi visualisasi data ke dalam pembelajaran bahasa terbukti berpengaruh dalam keterampilan menulis deskripsi siswa sekolah dasar.Downloads
References
Han, S., et al. (2017). Literasi
Numerasi. Jakarta: Gerakan
Literasi Nasional.
Indihadi, D., & Nugraha, Y. (2016).
Tahapan Menulis di Sekolah Dasar
[In press].
KEMENDIKBUDRISTEK. (2022).
Keputusan Kepala Badan Standar,
Kurikulum dan Asesmen
Pendidikan No. 033/H/KR/2022.
Jakarta: Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Whinangun, S., et al. (2019). Menulis
sebagai Keterampilan Berbahasa
Tingkat Tinggi [In press or
institutional report]
Jurnal :
Han, S., Rosli, R., Capraro, M. M., &
Capraro, R. M. (2017). Integrating
numeracy and literacy in language
classrooms. Journal of STEM
Education, 18(2), 10–17.
Yuli, A., & Retno, W. (2014).
Peningkatan keterampilan menulis
deskripsi mahasiswa dengan teknik
obyek langsung melalui model
pembelajaran RISMA. Jurnal
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.