IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN DALAM EKSTRAKURIKULER SENI REBANA DI SD N PETERONGAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25966Keywords:
disciplined character, extracurricular, tambourine artAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni rebana dan penerapan karakter disiplin pada siswa kelas V di SD N Peterongan. Karakter disiplin merupakan salah satu nilai penting dalam pendidikan karakter yang perlu ditanamkan sejak dini. Kegiatan ekstrakurikuler seni rebana dipilih sebagai sarana pembentukan karakter karena mengandung unsur keteraturan, tanggung jawab, dan kerja sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler seni rebana dilaksanakan secara rutin setiap minggu dan cukup diminati oleh siswa. Nilai-nilai disiplin seperti disiplin waktu, disiplin ibadah, disiplin menaati aturan dan disiplin belajar mulai diterapkan dalam kegiatan tersebut, meskipun masih ditemukan beberapa kendala seperti kurangnya ketegasan pelatih dan batasan pengawasan. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif dari sekolah dan pelatih dalam mengoptimalkan pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan seni rebana.Downloads
References
Al-Mahiroh, R. S., & Suyadi, S. (2020).
Kontribusi Teori Kognitif Robert
M. Gagne dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam.
QALAMUNA: Jurnal Pendidikan,
Sosial, Dan Agama, 12(2), 117–
126.
https://doi.org/10.37680/qalamun
a.v12i2.353
Anton. (2024). KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
EXTRACURRICULAR
ACTIVITIES OF ISLAMIC
RELIGIOUS. Jurnal Intelek Dan
Cendekiawan Nusantara,
1(November), 8020–8030.
Anton, R. A., & Nusantara, C. (2024).
PENGEMBANGAN KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DEVELOPMENT OF
EXTRACURRICULAR
ACTIVITIES IN ISLAMIC. Jurnal
Intelek Dan Cendekiawan
Nusantara, 1(November), 8845–
8853.
ARFAN, Z. M. (2020). Penanaman
Karakter Disiplin Pada Kegiatan
Ekstrakurikuler Di Mi Ma’Arif Nu 1
Pageraji Kecamatan Cilongok
Kabupaten Banyumas.
Angewandte Chemie
International Edition, 6(11), 951–
952., 7(1), 283.
http://www.nostarch.com/javascri
ptforkids%0Ahttp://www.investop
edia.com/terms/i/in_specie.asp%
0Ahttp://dspace.ucuenca.edu.ec/
bitstream/123456789/35612/1/Tr
abajo de
Titulacion.pdf%0Ahttps://educaci
on.gob.ec/wp-
content/uploads/downloads/2019
/01/GUIA-METODOL
Firmansyah, A., Annur, S., &
Hartatiana, H. (2022).
Implementasi Manajemen
Pendidikan Karakter Religius
Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
dan Pembiasaan Keagamaan.
Studia Manageria, 4(1), 17–36.
https://doi.org/10.19109/studiam
anageria.v4i1.9256
Habibah, S. (2024). IMPLEMENTASI
PROFIL PELAJAR PANCASILA
DI SDI AR-ROUDLOH MIRU
SEKARAN LAMONGAN. Jurnal
Keagamaan, Pendidikan Dan
Humaniora, 15(1), 37–48.
Indrianingrum, M. D., Miyono, N., &
Nurhayati, S. (2024).
Implementasi Pendidikan
Karakter melalui Pembiasaan
Budaya Sekolah pada Peserta
Didik Kelas III Sekolah Dasar.
Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan
Pengembangan Pembelajaran
(JIEPP), 4(2), 194–201.
https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i
2.428
Kurniawan. (2020). Pendidikan
Karakter dalam Kegiatan
Ekstrakurikuler Drumbannd di
Sekolah Dasar Negeri Mekarsari
II Kabupaten Tangerang. Jurnal
Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(2),
109–120.
https://doi.org/10.30870/jpks.v3i2
.4575
Lidyaarisanti. (2022). Upaya Guru
Dalam Menanamkan Karakter
Disiplin Siswa Sekolah Dasar.
ELSE (Elementary School
Education Journal) : Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran
Sekolah Dasar, 6(2), 460.
https://doi.org/10.30651/else.v6i2
.13671
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.