IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN DALAM EKSTRAKURIKULER SENI REBANA DI SD N PETERONGAN

Authors

  • Kevin Alfito Universitas PGRI Semarang
  • Rofian Universitas PGRI Semarang
  • Prasena Arisyanto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25966

Keywords:

disciplined character, extracurricular, tambourine art

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni rebana dan penerapan karakter disiplin pada siswa kelas V di SD N Peterongan. Karakter disiplin merupakan salah satu nilai penting dalam pendidikan karakter yang perlu ditanamkan sejak dini. Kegiatan ekstrakurikuler seni rebana dipilih sebagai sarana pembentukan karakter karena mengandung unsur keteraturan, tanggung jawab, dan kerja sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler seni rebana dilaksanakan secara rutin setiap minggu dan cukup diminati oleh siswa. Nilai-nilai disiplin seperti disiplin waktu, disiplin ibadah, disiplin menaati aturan dan disiplin belajar mulai diterapkan dalam kegiatan tersebut, meskipun masih ditemukan beberapa kendala seperti kurangnya ketegasan pelatih dan batasan pengawasan. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif dari sekolah dan pelatih dalam mengoptimalkan pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan seni rebana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Mahiroh, R. S., & Suyadi, S. (2020).

Kontribusi Teori Kognitif Robert

M. Gagne dalam Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam.

QALAMUNA: Jurnal Pendidikan,

Sosial, Dan Agama, 12(2), 117–

126.

https://doi.org/10.37680/qalamun

a.v12i2.353

Anton. (2024). KEGIATAN

EKSTRAKURIKULER

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

EXTRACURRICULAR

ACTIVITIES OF ISLAMIC

RELIGIOUS. Jurnal Intelek Dan

Cendekiawan Nusantara,

1(November), 8020–8030.

Anton, R. A., & Nusantara, C. (2024).

PENGEMBANGAN KEGIATAN

EKSTRAKURIKULER

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

DEVELOPMENT OF

EXTRACURRICULAR

ACTIVITIES IN ISLAMIC. Jurnal

Intelek Dan Cendekiawan

Nusantara, 1(November), 8845–

8853.

ARFAN, Z. M. (2020). Penanaman

Karakter Disiplin Pada Kegiatan

Ekstrakurikuler Di Mi Ma’Arif Nu 1

Pageraji Kecamatan Cilongok

Kabupaten Banyumas.

Angewandte Chemie

International Edition, 6(11), 951–

952., 7(1), 283.

http://www.nostarch.com/javascri

ptforkids%0Ahttp://www.investop

edia.com/terms/i/in_specie.asp%

0Ahttp://dspace.ucuenca.edu.ec/

bitstream/123456789/35612/1/Tr

abajo de

Titulacion.pdf%0Ahttps://educaci

on.gob.ec/wp-

content/uploads/downloads/2019

/01/GUIA-METODOL

Firmansyah, A., Annur, S., &

Hartatiana, H. (2022).

Implementasi Manajemen

Pendidikan Karakter Religius

Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler

dan Pembiasaan Keagamaan.

Studia Manageria, 4(1), 17–36.

https://doi.org/10.19109/studiam

anageria.v4i1.9256

Habibah, S. (2024). IMPLEMENTASI

PROFIL PELAJAR PANCASILA

DI SDI AR-ROUDLOH MIRU

SEKARAN LAMONGAN. Jurnal

Keagamaan, Pendidikan Dan

Humaniora, 15(1), 37–48.

Indrianingrum, M. D., Miyono, N., &

Nurhayati, S. (2024).

Implementasi Pendidikan

Karakter melalui Pembiasaan

Budaya Sekolah pada Peserta

Didik Kelas III Sekolah Dasar.

Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan

Pengembangan Pembelajaran

(JIEPP), 4(2), 194–201.

https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i

2.428

Kurniawan. (2020). Pendidikan

Karakter dalam Kegiatan

Ekstrakurikuler Drumbannd di

Sekolah Dasar Negeri Mekarsari

II Kabupaten Tangerang. Jurnal

Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(2),

109–120.

https://doi.org/10.30870/jpks.v3i2

.4575

Lidyaarisanti. (2022). Upaya Guru

Dalam Menanamkan Karakter

Disiplin Siswa Sekolah Dasar.

ELSE (Elementary School

Education Journal) : Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran

Sekolah Dasar, 6(2), 460.

https://doi.org/10.30651/else.v6i2

.13671

Downloads

Published

2025-06-08

Most read articles by the same author(s)