Efektivitas Aplikasi MathCityMap dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jarak

Authors

  • Nova Elisa Lestari Universitas Trunojoyo Madura
  • Richa Universitas Trunojoyo Madura
  • Rinneke Universitas trunojoyo Madura
  • Fatimatus Universitas trunojoyo Madura
  • Sahrul Universitas trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25987

Keywords:

Jarak, MathCityMap, Numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas aplikasi MathCityMap dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada topik jarak. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest satu kelompok, penelitian ini melibatkan 20 siswa kelas lima dari SD Negeri Banyuajuh 3 Kamal. Siswa diberikan penilaian pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan numerasi setelah menggunakan aplikasi MathCityMap. Temuan tersebut mengungkapkan peningkatan yang signifikan dalam kinerja siswa, dengan skor rata-rata meningkat dari 43,33 (pretest) menjadi 86,67 (posttest), dan rata-rata gain ternormalisasi (N-Gain) sebesar 0,7165, dikategorikan tinggi. Analisis statistik menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test menegaskan bahwa peningkatan tersebut signifikan (p < 0,001). Penelitian ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan MathCityMap ke dalam instruksi matematika dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep jarak dengan memberikan pengalaman belajar kontekstual dan interaktif. Ini mendukung penggunaan alat pembelajaran berbasis lokasi sebagai strategi inovatif untuk membahas konsep matematika abstrak dalam pendidikan dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sukarelawa, M. I., Pd, M., Toni, K., Indratno, M., Pd, S., Suci, M., Ayu, S., & Km, M. P. H. (2024). N-Gain vs Stacking.

Bunda Bawen, P., & Semarang, K. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan Aplikasi Math City Map Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP Amanda Dinda Arum Nissa1, Nurul A’in Fajaril2 SD IT. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 6(1). https://doi.org/10.55606/sinov.v6i1.803

Desi Andryani Lubis, L., Arianto, I., Ma’ruf, A., Ashari, D., & Amidi, J. (2021). Pembelajaran Matematika Budaya (Etnomatematika) Berbantuan Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 2021.

Kritis, K. B., Belajar, M., Didik, P., & Kusmayanti, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan. JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW AND RESEARCH, 5(1).

Rachman Taufik, A., & Rizki Suryani, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi MathCityMap Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII SMP Yapis Merauke (Vol. 6, Issue 1).

Downloads

Published

2025-06-09