IMPLMENTASI METODE PRESENTASI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25996Keywords:
Implementasi; presentasi interaktif; PartisipasiAbstract
Penelitian ini mengkaji mengenai implementasi metode presentasi interaktif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi metode presentasi interaktif untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran, kekurangan dan kelebihan metode presentasi interaktif serta implikasi dari diterapkannya metode presentasi interaktif pada mahasiswa dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini memakai metode kualitatif-deskriptif melalui studi kasus memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi praktik penerapan metode presentasi interaktif secara mendalam dan spesifik dalam konteks perguruan tinggi ini. Dua sumber data yang digunakan yakni sumber data primer meliputi mahasiswa semester 2 dan untuk sumber data sekunder yaitu berbagai literatur yang berkaitan dengan metode presentasi interaktif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Selanjutnya analisis data dengan metode analisis tematik Berdasarkan hasil temuan menunjukkan bahwa mahasiswa semester 2 Implementasi metode presentasi interaktif mampu meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran. Antusias mahasiswa dalam bertanya, menyanggah, menjawab dan memberikan tambahan materi. Metode presentasi interaktif sangat mempengaruhi motivasi untuk berpartisipasi dalam pembelajaran. Namun, dalam implementasinya masih ada beberpa kendala yaitu pemateri yang tidak menguasai materi sehingga apa yang disampaikan tidak dapat dipahami serta keterbatasan alat atau perangkat yang dibutuhkan dalam presentasi, kurangnya pengetahuan dalam menggunakan teknologi dan kurangnya soft skill dalam membuat tampilan presentasiDownloads
References
(Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidkan Nasional, Bab II Pasal 3). (2003).
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi: sebuah jawaban atas tantanganpendidikan abad 21 dalam konteks keindonesiaan. Refika Aditama.
Arsyad. (2020). Media Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.
Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for quality learning at university. McGraw-Hill Education.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.
Creswell, J. W. (2014). Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.
Djamaroh, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.
DOREMi Editorial Team. (2024). Ide Presentasi Interaktif yang Menawan untuk Acara Luar Biasa. https://www.doremievent.com/id/blog/interactive-presentation-ideas/
Harefa, A. (2003). Presentasi Efektif. CV Andi Offset.
Hasibuan, & Moedjiono. (2002). Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.
Juita, M. J. M., Maranatha, J. R., N., F. A., Maspupah, N., & Alfaini, S. D. (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ BAGI GURU-GURU TK MENTARI PURWAKARTA. Sarwahita, 20(02), 118–230.
Kearney, M., & Schuck, S. (2005). Interactive whiteboards and mathematics teaching: A study of teacher change. Mathematics Education Research Journal, 17(2), 133–146.
Lufri, M. S., Ardi, Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, metode pembelajaran. CV.IRDH.
Mawaridz, A. D., & Rosita, T. (2019). Bimbingan Kelompok Untuk Siswa SMP Yang Memiliki Minat Belajar Rendah. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(4), 158–170.
Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya.
Prasetya, A. E. (2021). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Online Sejarah Berbasis Media Presentasi Interaktif. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(5), 737–748. https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.1 36
Prayoga, B. N. (2013). Implementasi metode diskusi dan presentasi dalam upaya meningkatkan partisipasi aktif siswa pada mata pelajaran kopling kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah Negeri Yogyakarta. In Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Putri, L. A., & Ramadhan, R. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa di Era Digital. Deepublish.
Qanitat, F. (2022). Kenali 8 Macam Metode Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. https://www.quipper.com/id/blog/
Sagala. (2005). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Santoso, D. (2020). Pengaruh Metode Presentasi Interaktif terhadap Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 7(1), 35–45.
Sephiana, F., & Meilan, A. (2022). Penggunaan metode Pembelajaran dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) PBSI, 2(1). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/
Sudjana. (2005). Strategi Pembelajaran. Falah Production.
Sumantri. (2005). Metode Presentasi Dengan Ms. Power Point Untuk Mengembangkan Kemampuan Writting dan Speaking. Artikel Pendidikan Network.
Supriyono. (2011). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar.
Sutikno, M. . (2009). Upaya kreatif dalam Mewujudkan. Pembelajaran yang Berhasil. Prospect.
Sutomo, E. (2007). 9 Presentasi Kreatif dengan PowerPoint 2007. Andi Offset.
Syafruddin, S. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro.
Triwidodo, T., & Kristanto, D. (2004). Pengembangan Kepribadian Sekretaris. Gramedia.
Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.34%0A%0A
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.