PENERAPAN MODEL DESIGN THINKING PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAPA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 POKA
Keywords:
Model Design Thinking, Hasil Belajar, Pembelajaran InovatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model Design Thinking dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi "Indonesiaku Kaya Budaya" di kelas IV SD Negeri 1 Poka. Pendekatan penelitian menggunakan mixed methods, menggabungkan analisis kuantitatif dan kualitatif untuk mengevaluasi dampak model pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Design Thinking secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Dari 22 siswa, sebanyak 4 siswa (18%) mencapai kategori tinggi, sementara 18 siswa (82%) berada pada kategori sedang, dengan tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori rendah. Secara keseluruhan, 90% siswa mencapai tingkat penguasaan materi pada kategori sedang ke atas, mengindikasikan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Temuan ini mendukung penggunaan Design Thinking sebagai alternatif pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa dalam konteks pembelajaran IPS di sekolah dasar.Downloads
References
A. Gafar Hidayat, & Tati Haryati. (2023). Analysis of Problems and Solutions in Social Studies Learning at Elementary Schools. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 13(2), 307–316. https://doi.org/10.37630/jpi.v13i2.1171
Afriani, D., & Prastitasari, H. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan Matematika menggunakan Model BEST di Kelas IV SDN Antasan Besar 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 570–581. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15
Armini, N. K. (2024). Evaluasi Metode Penilaian Perkembangan Siswa dan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jayapangus Press Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1). https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/metta
Artawan, I. G. J., Sujanem, R., & Arjana, I. G. (n.d.). JURNAL PENDIDIKAN FISIKA UNDIKSHA PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA.
Firdausi, Y. N., & Asikin, M. (n.d.). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Fitri Efendy, D., Nabilah, D., Hasan Ahmad Addary, A., Agama Islam Universitas Islam Negeri Syeikh Ali Hasan Ahmad Addary, P., & Islam Negeri Syeikh Ali Hasan Ahmad Addary, U. (2025). M I N D : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Budaya Hal : 15 s/d 23 Volume 5 No 1 Januari 2025 Artikel ini diterbitkan dibawah lisensi CC BY-NC-SA 4.0 M I N D LANGKAH-LANGKAH PRAKTIS DALAM MERANCANG MODUL AJAR BERBASIS INKUIRI UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SITI MA’RIFAH 4 SULHAM EFENDI HASIBUAN 5 Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i1.451
Hasil Belajar Siswa Min, M. DI, SKRIPSI Ditulis untuk Memenuhi Sebagai Persyaratan Mendapatkan Gelar Sarjana Pendidikan Oleh HASANAH DWI FANSHE LUBIS, P., & Ali Hasan Ahmad Addary Padang Sidempuan, S. (2023). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI.
Linawati, H. (2015). PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR. In JPGSD (Vol. 03).
Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWA. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Syayyidah, us, Maulidah, T., Bahasa Indonesia, P., & Billfath, U. (2022). Pembelajaran Pemberian Reward Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTs. Bln Februari, 04(01), 64–73. https://doi.org/10.55273/karangan.v3i1.173
Thenu, P. P., Wijaya, A. F., Rudianto, C., Kristen, U., & Wacana, S. (n.d.). ANALISIS MANAJEMEN RISIKO TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 5 (STUDI KASUS: PT GLOBAL INFOTECH). In Jurnal Bina Komputer JBK (Vol. 2, Issue 1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.