ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN DALAM MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 2 CANGKREPLOR PURWOREJO

Authors

  • Niken Niken Handayani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arum Ratnaningsih PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26016

Keywords:

Capital Letters, Vocabulary, Punctuation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penulisan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 2 Cangkreplor. Fokus penelitian meliputi: (1) kesalahan penggunaan huruf kapital, (2) kesalahan pemilihan kosakata baku, dan (3) kesalahan penggunaan tanda baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi melalui kartu data. Sumber data berupa karangan narasi siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan huruf kapital mencapai 201 kasus dengan skor interval 73% (kategori tinggi). Kesalahan pemilihan kosakata baku berjumlah 68 kasus dengan skor 7% (kategori sangat rendah). Sementara itu, kesalahan tanda baca ditemukan sebanyak 188 kasus dengan skor 85% (kategori tinggi). Temuan ini mengindikasikan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menerapkan kaidah ejaan yang baik dan benar, khususnya pada aspek penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam penulisan narasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Qadaria, L., Rambe, K. B., Khairiah,

W., Pulungan, R. M. I., &

Zahratunnisa, E. (2023).

Analisis Faktor Penyebab

Rendahnya Keterampilan

Menulis Belajar Siswa SD

Kelas IV. Jurnal Bintang

Pendidikan Indonesia, 1(3),

97–106.

https://doi.org/10.55606/jubpi.v

1i3.1675

Rusanti, R., Fathurohman, I., &

Pratiwi, I. A. (2022). Analisis

Kesalahan Penggunaan Huruf

Kapital Dan Tanda Baca Siswa

Sekolah Dasar. JISIP (Jurnal

Ilmu Sosial Dan Pendidikan),

6(2), 3995–4001.

https://doi.org/10.58258/jisip.v

6i2.3055

Sukmana, A. C., & Azmy, B. (2024).

Analisis Kesalahan

Penggunaan Tanda Baca

Pada Karangan Narasi Siswa

Kelas IV. Pengembangan

Pendidikan, 8(1), 120–130.

https://jurnalhost.com/index.ph

p/jpp/article/view/570/722

Taringan, H. G. (2018). Menulis

Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung:

Angkasa Bandung.

Downloads

Published

2025-06-09

Most read articles by the same author(s)