ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN DALAM MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 2 CANGKREPLOR PURWOREJO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26016Keywords:
Capital Letters, Vocabulary, PunctuationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penulisan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 2 Cangkreplor. Fokus penelitian meliputi: (1) kesalahan penggunaan huruf kapital, (2) kesalahan pemilihan kosakata baku, dan (3) kesalahan penggunaan tanda baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi melalui kartu data. Sumber data berupa karangan narasi siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan huruf kapital mencapai 201 kasus dengan skor interval 73% (kategori tinggi). Kesalahan pemilihan kosakata baku berjumlah 68 kasus dengan skor 7% (kategori sangat rendah). Sementara itu, kesalahan tanda baca ditemukan sebanyak 188 kasus dengan skor 85% (kategori tinggi). Temuan ini mengindikasikan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menerapkan kaidah ejaan yang baik dan benar, khususnya pada aspek penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam penulisan narasi.Downloads
References
Qadaria, L., Rambe, K. B., Khairiah,
W., Pulungan, R. M. I., &
Zahratunnisa, E. (2023).
Analisis Faktor Penyebab
Rendahnya Keterampilan
Menulis Belajar Siswa SD
Kelas IV. Jurnal Bintang
Pendidikan Indonesia, 1(3),
97–106.
https://doi.org/10.55606/jubpi.v
1i3.1675
Rusanti, R., Fathurohman, I., &
Pratiwi, I. A. (2022). Analisis
Kesalahan Penggunaan Huruf
Kapital Dan Tanda Baca Siswa
Sekolah Dasar. JISIP (Jurnal
Ilmu Sosial Dan Pendidikan),
6(2), 3995–4001.
https://doi.org/10.58258/jisip.v
6i2.3055
Sukmana, A. C., & Azmy, B. (2024).
Analisis Kesalahan
Penggunaan Tanda Baca
Pada Karangan Narasi Siswa
Kelas IV. Pengembangan
Pendidikan, 8(1), 120–130.
https://jurnalhost.com/index.ph
p/jpp/article/view/570/722
Taringan, H. G. (2018). Menulis
Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung:
Angkasa Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.