Keefektifan Model (PBL) Dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis IPAS Materi Magnet Siswa Kelas V SDN Gayamsari 01

Authors

  • Fika Fika Nur Fitria Ningsih Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane, Husni Wakhyudin Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26018

Keywords:

PBL, TaRL, critical thinking skills

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada topik magnet di kelas V SDN Gayamsari 01. Isu yang diangkat adalah lemahnya kemampuan kritis mahasiswa dalam memahami konsep keilmuan, khususnya pada topik magnet. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan model PBL dengan pendekatan TaRL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan dengan desain pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan 26 siswa kelas V yang menerima perawatan melalui penerapan model PBL dengan TaRL. Sebelum dan sesudah implementasi, siswa diberikan tes untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kritis mereka, yang mencakup aspek analisis serta evaluasi. Abstrak ditulis maksimal 250 kata yang menggambarkan masalah,tujuan penelitian, metodologi dan hasil yang diperoleh. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan setelah penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL. Berdasarkan analisis statistik menggunakan uji t sampel berpasangan, nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest siswa. Selain itu, hasil tes n-gain menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa telah meningkat dengan kategori moderat, dengan skor n-gain rata-rata 0,3482. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada topik magnet kelas V SDN Gayamsari 01. Penelitian ini merekomendasikan agar model pembelajaran ini diterapkan secara lebih luas dalam situasi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

urnal, W., Saputra, Ma., Putri, H., Darmawan, D., Keguruan Ilmu Pendidikan, F., & Taman

Siswa Bima, S. (2024). Indonesian Research Journal on Education Karakteristik

Pembelajaran IPS SD. Indonesian Research Journal on Education, 4, 227–232.

Kurniawati, R., Kristiana, D., & ‘Azam Muttaqin, M. (2024). Pengaruh Penerapan Metode

Project Based Learning Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Pada Kurikulum

Merdeka di TK Dharma Wanita. Generasi Emas, 7(2), 23–37.

https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(2).18339

Model, P., Based, P., Terintegrasi, L., Minat, M., & Siswa, B. (2024). Kognitif. 4(August), 933–

942.

Mulyani, R. E., Masfingatin, T., & Suparwati, A. (2024). Problem Based Learning Terintegrasi

Pendekatan Teaching at the Right Level untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Siswa. 5, 1589–1604.

Professionalism, T., Azlina, N., Aisy, P. R., & Mas, S. (2025). EFEKTIVITAS PENDEKATAN

TEACHING AT THE RIGHT LEVEL ( TaRL ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. 3(3).

https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p728-738

Rosdiana, S. R., Sutopo, S., & Kusairi, S. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada

Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 731.

https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12484

Sugiyanto, 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pustaka

Downloads

Published

2025-07-02