Keefektifan Model (PBL) Dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis IPAS Materi Magnet Siswa Kelas V SDN Gayamsari 01
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26018Keywords:
PBL, TaRL, critical thinking skillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada topik magnet di kelas V SDN Gayamsari 01. Isu yang diangkat adalah lemahnya kemampuan kritis mahasiswa dalam memahami konsep keilmuan, khususnya pada topik magnet. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan model PBL dengan pendekatan TaRL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan dengan desain pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan 26 siswa kelas V yang menerima perawatan melalui penerapan model PBL dengan TaRL. Sebelum dan sesudah implementasi, siswa diberikan tes untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kritis mereka, yang mencakup aspek analisis serta evaluasi. Abstrak ditulis maksimal 250 kata yang menggambarkan masalah,tujuan penelitian, metodologi dan hasil yang diperoleh. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan setelah penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL. Berdasarkan analisis statistik menggunakan uji t sampel berpasangan, nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest siswa. Selain itu, hasil tes n-gain menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa telah meningkat dengan kategori moderat, dengan skor n-gain rata-rata 0,3482. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada topik magnet kelas V SDN Gayamsari 01. Penelitian ini merekomendasikan agar model pembelajaran ini diterapkan secara lebih luas dalam situasi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Downloads
References
urnal, W., Saputra, Ma., Putri, H., Darmawan, D., Keguruan Ilmu Pendidikan, F., & Taman
Siswa Bima, S. (2024). Indonesian Research Journal on Education Karakteristik
Pembelajaran IPS SD. Indonesian Research Journal on Education, 4, 227–232.
Kurniawati, R., Kristiana, D., & ‘Azam Muttaqin, M. (2024). Pengaruh Penerapan Metode
Project Based Learning Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Pada Kurikulum
Merdeka di TK Dharma Wanita. Generasi Emas, 7(2), 23–37.
https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(2).18339
Model, P., Based, P., Terintegrasi, L., Minat, M., & Siswa, B. (2024). Kognitif. 4(August), 933–
942.
Mulyani, R. E., Masfingatin, T., & Suparwati, A. (2024). Problem Based Learning Terintegrasi
Pendekatan Teaching at the Right Level untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa. 5, 1589–1604.
Professionalism, T., Azlina, N., Aisy, P. R., & Mas, S. (2025). EFEKTIVITAS PENDEKATAN
TEACHING AT THE RIGHT LEVEL ( TaRL ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. 3(3).
https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p728-738
Rosdiana, S. R., Sutopo, S., & Kusairi, S. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada
Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 731.
https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12484
Sugiyanto, 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pustaka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.