PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI 2 JONGGAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26045Keywords:
Serial Image Media, SpeakingAbstract
meningkatkan kemampuan berbicara dengan cara Mengetahui langkah-langkah pengembangan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Negeri 2 Jonggat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model Borg and gall. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri 2 Jonggat. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 9 anak. Objek penelitian ini adalah media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Produk hasil pengembangan berupa media gambar seri telah divalidasi oleh validator media, validator materi, dan guru di sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan kuesioner/angket lembar validasi. Instrumen penelitian berupa angket validasi oleh para ahli. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar seri ini mendapat persentase 98% kategori sangat layak dari ahli media, persentase 93% kategori sangat layak dari ahli materi, persentase 97% kategori sangat layak dari praktisi/guru, persentase pada tahap I sebanyak 60% kategori mulai berkembang, tahap II sebanyak 79% kategori berkembang sesuai harapan dan tahap III sebanyak 96% kategori berkembang sangat baik. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian bahwa media gambar seri layak untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Negeri 2 Jonggat.Downloads
References
A. Sri Wahyuni Asti & Syamsuardi Saodi. (2021). Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa. Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(1).
Fahruddin, Dkk (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal Of Classroom Action Research.4(1).
Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika dan strategi dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65–73.
Lestari, I., Habibi, M., Rachmayani, I., & Astini, B. N. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Berseri pada Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Mertak Kacamatan Pujut Lombok Tengah Tahun 2021. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(3), 308–313.
Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Aprilia, D. (2021). Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 10-18.
Nada Buahana, B., & Era Sativa, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Saintifik Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. JPSS: Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(1). https://doi.org/10.56959
Nilawati, B. A., Rachmayani, I., Nurhasanah, N., & Apriani, M. (2021). Penerapan Metode Tegatour (Teams-Games-Tournament) untuk Meningkatkan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(2), 265-271.
Nurhasanah, Baik Nilawati Astini, & Yundia Pratiwi Nengsi. (2021). Pengembangan Metode Mendongeng Menggunakan Multimedia. 2(3), 279–286.
Putra Azharin, B., & Piaud Stit Muhammadiyah Tempurejo Ngawi, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Dengan Media Gambar Seri (Vol. 2, Issue 1).
Rachmayani, I., Novalia, D., & Astini, B. N. (2022). Mengembangkan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Nilai dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kreativa Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2041–2047.
Rahmah, I., Hendra, H., & Lukman, L. (2024). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Berseri Pada Anak Usia Dini Kelompok A Di Tk Negeri 19 Santi. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 130-138.
Stai, E. K., Khez, D. R., Purwakarta, M., Edlina, M., Stai, M., Nada, S., Stai, L., Stai, U. N., Setiawan, U., & Khez, S. D. (2023). EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN. In Journal of Student Research (JSR) (Vol. 1, Issue 2).
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alphabet Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.