IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP EFEK RUMAH KACA PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Monika Metravia Universitas Negeri Jakarta
  • Arifin Maksum Universitas Negeri Jakarta
  • Anggit Aruwiyantoko Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26051

Keywords:

Discovery Learning, video animasi, efek rumah kaca, pembelajaran IPA, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Discovery Learning berbantuan video animasi dalam meningkatkan pemahaman konsep efek rumah kaca pada siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain one-group pretest–posttest. Subjek penelitian terdiri atas satu guru dan siswa kelas VI di SD Ibnu Sina, Duren Sawit. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, serta pretest dan posttest yang dianalisis secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa setelah pembelajaran. Rata-rata nilai pretest sebesar 74,76 meningkat menjadi 87,46 pada posttest. Siswa menjadi lebih aktif, memahami proses efek rumah kaca secara ilmiah, serta mampu mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penguatan pemahaman juga didukung oleh eksperimen sederhana menggunakan dua gelas, salah satunya ditutup plastik dan dijemur di bawah sinar matahari, yang menggambarkan proses terjadinya efek rumah kaca secara nyata. Model pembelajaran ini terbukti efektif dalam membantu siswa memahami konsep abstrak secara lebih konkret dan meningkatkan partisipasi aktif selama proses pembelajaran. Discovery Learning berbantuan video animasi direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryantini, N. K., & Sujana, I. W. (2021). Model discovery learning berbantuan media PowerPoint meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Buana, I. G. D., & Putra, M. (2022). Dampak penggunaan model discovery learning berbantuan multimedia interaktif terhadap kompetensi pengetahuan PPKn. Indonesian Journal of Innovation.

Fitriyah, S., & Prasetyo, Z. K. (2021). Model discovery learning dalam pembelajaran IPA: Sebuah tinjauan teoretis dan praktis. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(3), 87–96.

Iskandar, D., & Nurwahidah, N. (2023). Implementasi model pembelajaran inovatif berbasis TIK dan evaluasi kualitatif pada sains sekolah dasar. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 11(1), 67–75.

Ningsih, R., & Sari, P. (2022). Analisis penerapan pretest-posttest pada pembelajaran IPA berbasis proyek di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 119–128.

Pratiwi, D. A. D., & Agung, A. A. G. (2024). Video animasi berbasis discovery learning efektif meningkatkan kompetensi pengetahuan IPAS. Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Putra, I. G. D., & Sujana, I. W. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan kolaborasi model discovery learning berbasis media animasi. Journal of Education Technology.

Putri, A. K., & Setiawan, B. (2022). Penerapan discovery learning berbantuan video animasi untuk meningkatkan hasil belajar pada materi sistem pencernaan manusia. Jurnal Education and Development.

Rahmatillah, R., & Lestari, R. (2024). Pendekatan kualitatif dalam evaluasi pretest-posttest berbasis deskriptif untuk pembelajaran IPA SD. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(1), 50–58.

Ramadhani, R., Dewi, I. A., & Gunawan, G. (2023). Discovery learning berbantuan video animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(1), 34–42.

Susanti, N., & Sinuraya, E. (2024). Pengaruh problem based learning dan discovery learning berbantuan media video animasi terhadap kemampuan literasi sains. Jurnal Kimia dan Pendidikan, UIN Mataram.

Wabula, M., & Papilaya, P. M. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Biologi.

Yuniasih, N., & Iswahyudi, D. (2022). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas III. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA.

Downloads

Published

2025-06-09

Most read articles by the same author(s)