PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MA ISLAM TERPADU DARUL FIKRI, SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26059Keywords:
Problems Learning, Kitab KuningAbstract
Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis problematika pembelajaran kitab kuning di MA Islam Terpadu Darul Fikri, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memastikan validitas data, peneliti menggunakan triangulasi data. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan beberapa faktor kesulitan peserta didik (santri) dalam memahami kitab kuning yaitu: 1) faktor internal; faktor internal peserta didik (santri) kesulitan memhami kitab kuning yaitu: a) kesulitan membaca teks berbahasa Arab, b) kesulitan menulis teks berbahasa Arab, c) kesulitan berbicara dengan menggunakan bahasa Arab, d) dan menurunnya minat serta motivasi peserta didik (santri) untuk mempelajari kitab kuning. Adapun faktor eksternal yaitu: a) metode pembelajaran yang tidak tepat, b) program yang belum optimal, c) kemandirian belajar peserta didik (santri) belum muncul, d) dan kompetensi pedagogik pendidik (ustadz) belum maksimal. 2) Upaya-paya yang ditempuh oleh MA Islam Terpadu Darul Fikri, Sidoarjo yaitu: a) mengklasifikasi peserta didik (santri), b) memberikan motivasi, c) mengadakan pelatihan pembelajaran kitab kuning berbasis digital, d) melakukan supervisi dan evaluasi, e) mengintegrasikan pembelajaran kitab kuning di sekolah dan pesantren, f) memodifikasi kurikulum, g) dan membuat rencana tindak lanjut (RTL) pembelajaran kitab kuning pada tahun berikutnya.Downloads
References
Adib, A. (2021). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 2021.
Ainia, F. (2022). Problematika Pembelajaran Kitab Kuning Pada Siswa Kelas 1A Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 6 Tahun Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. Etheses.iainkediri.ac.id, 1–23. https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5392
Akbar, A., & Ismail, H. (2018). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), 21. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5139
Al Harrani, A. I. ’Abdi A.-H. I. T. (1998). Iqtidha’u As-Shirath Al-Mustaqim Limukhalafati Ashabi Al-Jahim (p. 527). Dar Isybilia.
Al-Baihaqy, I. (2003). Syu’abul Iman. 210.
Audry, S. K., & Yusuf, I. (2024). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA KITAB KUNING BAGI MAHASISWA DI STAI BALIKPAPAN. Cendikia, 2(3), 454–474.
Azis, Y. A. (2022). Perbedaan Siswa dan Mahasiswa. In Deepublishstore. https://deepublishstore.com/blog/perbedaan-siswa-dan-mahasiswa/
Azizah, N. H., & Kusairi, S. (2022). Bagaimana Perbandingan Penguasaan Konsep Siswa SMP dan SMA Pada Materi Listrik Arus Searah ? Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 191. https://doi.org/10.24127/jpf.v10i2.4500
El-Langkawi, H. (2023). Problematika Manajemen Perencanaan Pendidikan Kitab Kuning di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Gampong Putoh Kecamatan Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14–26. https://doi.org/10.54621/jkdm.v2i1.545
Fitri, S. (2022). Problematika Santri Dalam Penggunaan Arab Pegon Pembelajaran Kitab Safinatunnaja Pondok Pesantren Fathul Huda …. Repository UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri.
Hanani, N. (2022). Manajemen Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 15(2), 1–25. https://doi.org/10.30762/realita.v15i2.505
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638
Haq, I. D., & Hikmah, K. (2024). Effectiveness of Ta ’ bir As-Shuwar Strategy in Increasing Maharah Kalam at MTs Darul Hikmah Tulungagung [ Efektiv itas Strategi Ta ’ bir As -Shuwar Dalam Meningkatkan Maharah Kalam di MTs Darul Hikmah Tulungagung ]. Archive.umsida.ac.id, 1–7.
Hastutiningtyas, W. R., Maemunah, N., & Lakar, R. N. (2021). Gambaran Karakteristik Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dalam Mengontrol Emosi Di Kota Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 5(1), 38–44.
Hidayat, A. F. S. (2019). Al-Arabiyyah Baina Yadaik. In Textbook (An Evaluative Descriptive Analysis Study). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Krisman, N. (2022). Problem dan Tantangan Pembelajaran Kitab Kuning di Indonesia. Tsamratul Fikri, 16(2), 77–88. https://www.riset-iaid.net/index.php/TF/article/view/1350/794
Lukman, S. (2023). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAIBA) BALIKPAPAN. Al-Aqsha, 1(1), 1–8.
Meutiawati, I. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Visipena Journal, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.36
Mubarok, A. F. (2022). Problematika Pembelajaran Kitab Kuning Program Takhashus Di Ma’Had Al-Jami’Ah Al-Aly Universitas Islam Negeri (Uin) Maulana Malik Ibrahim Malang. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 431–451. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i4.2056
Muhammad, A., Ridho, A., Purnama, A. D., & Hamonangan, H. S. (2023). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Sarana Memahami Agama Islam pada Ruang Lingkup Pendidikan Tinggi Islam. ICONITIES (International Conference on Islamic Civilization and Humanities), 590–601. https://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/iconfahum/article/download/1341/933/
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2016). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif Wiyanda. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(September), 1–23.
Rusdiani, A. (2016). SUPERVISI STANDAR PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN 1 BANDAR LAMPUNG. Ejournal.radenintan.ac.id, 8, 1–23.
Saleh, S. (2017). ANALISIS DATA KUALITATIF. Analisis Data Kualitatif, 1, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Setiawan, G. D. (2024). Teknik Stop Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial Emosial Fase Pondasi. Daiwi Widya, 10(2), 10–19. https://doi.org/10.37637/dw.v10i3.1775
Siswanto, S. (2018). Tradisi Pembelajaran Baca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren. Ummul Qura : Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (Insud) Lamongan, 11(1), 73–89. http://ejournal.insud.ac.id/index.php/UQ/article/download/7/6
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Peoblem Based Learning (PBL). Buku, 1–92.
Utama, A. S., & Fauji, I. (2023). The Implementation Nadzoriyatul Furu ’ System in Arabic Learning at [ Penerapan Sistem Nadzariyatul Furu ’ dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Semi-Modern ]. Archive.umsida.ac.id, 1–7.
Wassalwa, A., Hanun, A., & Pendahuluan, A. (2017). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI QOWAID AL-LUGHAH DALAM MEMBACA KITAB KUNING DI MADRASAH TA’HILIYAH IBRAHIMY. JURNAL LISAN AL-HAL, 9(1), 87–104.
Wulandari, A. (2014). Problematika Pembelajaran Kitab Kuning Pada Santriwati Tingkat Mts Di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 22–31. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13615/33/BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Zailani, A. (2017). Problematika pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3205/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.