PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOLABORASI MURID KELAS III SD GMIT KUANINO 2

Authors

  • Syariani Umar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Maxsel Koro Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Rista Apriliya Devi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26080

Keywords:

Model Pembelajaran, Inquiry Terbimbing, Keterampilan Kolaborasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap keterampilan kolaborasi murid kelas III SD GMIT Kuanino 2 pada mata pelajaran IPAS topik “Energi di Sekitar Kita”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe One Group Pretest-Posttest Design. Sampel berjumlah 14 murid yang diambil secara sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan posttest) untuk mengukur hasil belajar dan lembar observasi untuk keterlaksanaan model serta keterampilan kolaborasi murid. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Selain itu, hasil observasi menunjukkan bahwa model inquiry terbimbing mampu melatih keterampilan kolaborasi murid selama proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan kolaborasi murid kelas III di SD GMIT Kuanino 2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadhlulloh, M. Y., & Hidayati, Y. M. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik ditinjau dari Keterampilan Abad 21 dan HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5488–5497.

Hidayati, N., Bustan, A., & Hartanto, T. J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Tekanan. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 3(1), 21–26.

Mantau, B. A. K., & Talango, S. R. (2023). Pengintegrasian Keterampilan Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran (Literature Review). Irfani, 19(1), 86–107.

Meltzer, David E 2002. The Relationship Between Mathematics PreparationAnd conceptual learning gain in physics: A possible inhidden Variablei in Diagnostic pretest scores. A mes Department of physics and Astronomy, Lowa State University.

Riadi Edi ,"Statistika Penelitian Analisis Manual dan IBM SPSS", Yogyakarta: Andi, 2016

Rodliyah, U., & Fadly, W. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi melalui Model Guided Inquiry Berbasis Education for Sustainable Development pada Materi Biotik dan Abiotik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 169–179.

Salama, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 18 Barru. Jurnal Banua Oge Tadulako, 2(1), 8–12.

Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Pendidikan

Sarumaha, M., & Harefa, D. (2023). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora,5(1), 27–36.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23.

Downloads

Published

2025-06-08