PENGARUH MEDIA TOTEBAG TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA DALAM MEMBUAT STEMPEL DARI KENTANG DAN KETELA KELAS IV SDN 02 TANJUNG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26140Keywords:
Totebag media, learning outcomes, fine artsAbstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni rupa membuat prangko dari bahan kentang dan singkong di kelas IV SDN 02 Tanjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media totebag terhadap hasil belajar seni rupa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen design dengan jenis nonequivalent control group design dengan melibatkan 58 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen IV A dan 28 siswa kelas kontrol IV B. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan non observasi. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan non tes berupa unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data diketahui nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Kemudian, dilihat dari uji effect size sebesar 0,90 berada pada klasifikasi ≥ 0,8 dimana pengaruh media totebag terhadap hasil belajar tergolong dalam kategori besar. Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media totebag terhadap hasil belajar seni rupa pembuatan prangko dari kentang dan singkong pada kelas IV SDN 02 Tanjung.Downloads
References
Bada, S. O., & Olusegun, S. A. (2020). Constructivism Learning Theory: A Paradigm for the Teaching and Learning of Science. Journal of Education and Practice.
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2019). Implementasi pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika. Prosiding Sesiomadika, 1(1b).
Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 1-13.
Hernandez, R. (2020). Art education and the role of creativity in learning. Journal of Art Education, 73(2), 45-58. https://doi.org/10.1080/00043125.2020.1712345
Nonita, E. S., Nurhasanah., & Jaelani, A, K. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas VI Di SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 314-320. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.245
Rahmatillah, S. A., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites pada pembelajaran SBDP Kelas IV di SD 1 Dasan Geres. Academy of Education Journal, 14(2), 727-737
Raudhah, J., Wandini, R. R., & Sinaga, M. R. (2018). Games pak pos membawa surat pada sintak model pembelajaran tematik. Jurnal Raudhah 6(1), 2338– 2163. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah
Putri, L. O. (2024). Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Suryadi. (2023). Berkarya seni lukis menggunakan cat akrilik dengan media totebag pada peserta didik kelas X SMK Garudaya Bontonompo. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar).
Ulfa T. D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Seni Rupa Materi Komik Sederhana Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3726-3734.
Yusuf, Muri (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.