PROBLEMATIKA TES KEMAHIRAN MENDENGAR MENURUT KITAB MA’AYIR MAHARAT AL-LUGHAH AL-ARABIYAH LIN NATHIQIN BI GHAIRIHA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26195Abstract
Kemahiran mendengar merupakan salah satu aspek fundamental dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya bagi penutur non-asli. Namun, pelaksanaan tes kemahiran mendengar sering kali menghadapi berbagai problematika yang menghambat efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika tes kemahiran mendengar berdasarkan Kitab Ma’ayir Maharat Al-Lughah Al-Arabiyah Lin Nathiqin bi Ghairiha dan menawarkan solusi strategis untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, memanfaatkan kajian pustaka dari artikel, jurnal, dan buku terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika dalam tes kemahiran mendengar terbagi menjadi dua dimensi utama, yaitu problem bahasa (minimnya kosakata, kesulitan membedakan bentuk kata kerja, dan tantangan fonetik) serta problem psikologis (kurangnya fokus dan adaptasi terhadap kecepatan audio). Untuk mengatasi problematika ini, penelitian merekomendasikan peningkatan penguasaan kosakata, latihan fonetik yang terstruktur, simulasi tes, serta penyesuaian kecepatan audio dalam pembelajaran. Implementasi solusi ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan efektivitas evaluasi kemahiran mendengar dalam konteks pembelajaran bahasa Arab.Downloads
References
Al’Afafa, R. (2024). Pengembangan Media Kartu Interaktif dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas IV di MI Muhammadiyah Klopogodo. IAINU Kebumen.
Amrulloh, M. A., & Hasanah, H. (2019). Analisis Kesalahan Fonologis Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Lampung Selatan. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 209–228.
Anggraini, A. E. (2019). Analisis Pembentukan Kata Kerja pada Bahasa Ibu (Sunda) Dialek Banten (Kajian Morfologi). Deiksis, 11(3), 181–188. https://core.ac.uk/download/pdf/270252398.pdf
Anggraini, V., & Priyanto, A. (2019). Stimulasi Keterampilan Menyimak terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30–44.
Anisyah, N., & Hendra, F. (2023). Metode Pembelajaran Audiolingual dengan Podcast untuk Meningkatkan Kemahiran Menyimak (Maharat al-Istima’) pada Mahasiswa. Berajah Journal, 3(3), 573–582.
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Iskandar Muda Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).
Astuti, D. S., & Zulkarnaen, Z. (2017). Analisis Kompetensi Siswa dalam Menguasai Pemahaman Mendengarkan. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 27–41.
Ayu, I. G., & Suharjuddin, S. (2024). Program Sekolah Ramah Anak pada Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SDN Teluk Pucung VI. Jurnal PGSD UNIGA, 3(2), 32–40.
Azizan, K. F. K., Jamali, H. N., & Rahman, A. A. (2014). Kaedah Pengajaran dan Pembelajaran Kemahiran Mendengar dan Bertutur Bahasa Arab di IPT. Jurnal Sultan Alauddin Sulaiman Shah (JSASS).
Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-metode dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 179–196.
Dasra, N. A. (2024). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca pada Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dan Usia Dini, 1(1), 20–25.
Desnaranti, L., & Putra, F. P. (2020). Sosialisasi Jenis-jenis Tes Bahasa Inggris pada Guru di SDN Depok 4, Pancoran Mas Depok. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 515–522.
Fathoni, M. (2018). Pembelajaran Maharah Istima’. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 199–218.
Hamidah, & Marsiah. (2021). Pembelajaran Maharah Al-Istima’ dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika dan Solusi. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 147–160.
Harahap, H. J. P., Silitonga, I. A., Fitriani, D., Simamora, N. M., Utari, P., Pulungan, U. A., & Surbakti, Y. S. (2025). Fonetik Bahasa Jerman: Kajian Teoritis dan Praktis dalam Konteks Linguistik. Jurnal Kualitas Pendidikan, 3(2), 167–174.
Itsar, P. A., Afifah, N. R., & Purrani, M. R. (2023). Analisis Konsentrasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9.
Jaafar, R. (2020). Strategi Pembelajaran Kemahiran Mendengar dan Menulis dalam Kalangan Pelajar Etnik Cina dan India ketika Belajar Bahasa Melayu (Learning Strategy in Listening and Writing Skills among Chinese and Indian Ethnic Student when Learning of Malay Language). Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu, 10(1), 64–76.
Jabir, M. (2010). Kemahiran Menyimak dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Hunafa, 7(2), 157–162.
Julianty, A. A., Alifa Nur Latifah, Wulandari, S., & Rostika, D. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Pada Anak Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri Bojongsalam 04. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 62–68. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v6i1.210
Ma’arif, M. S. (2019). Pengembangan Media Kartu Kamal dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 2(2), 258–273. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v2i2.3588
Mahbubi, A., Opier, N. A. L., & Bakar, M. Y. A. (2023). Implementasi Teori Generatif Transformatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 10(2), 211–228. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/article/view/1127
Mandarani, V. (2016). Peningkatan Kemampuan Listening Comprehension Melalui Stategi Top-Down dan Bottom-Up. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 189–196. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.250
Munif, A., Susanto, H., & Susilo, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Audio berbasis Inkuiri Berbantuan Alat Peraga pada Materi Gerak untuk Anak Tunanetra Kelas VII SMP/MTs LB. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 1–11.
Mustofa, Z., Muqorrobbin, Z., Pangestu, R. T., Rochim, R. L., & Prayitno, M. A. (2023). Strategi Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa dalam Memahami Materi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Damhil Education Journal, 3(1), 19–35.
Nor, M. H. M., Salleh, N. M., & Baharum, H. (2017). Kesilapan Penggunaan Kata Kerja dalam Kalangan Pelajar Melayu Ketika Menstruktur Ayat dalam Penulisan Bahasa Sepanyol. Educatum Journal of Social Sciences, 3(1), 1–9. https://www.researchgate.net/profile/Mariyati-Mohd-Nor/publication/357597533_Kesilapan_Penggunaan_Kata_Kerja_dalam_Kalangan_Pelajar_Melayu_Ketika_Menstruktur_Ayat_dalam_Penulisan_Bahasa_Sepanyol/links/63ca5e4fd7e5841e0be0a09c/Kesilapan-Penggunaan-Kata-Ker
Puspayanti, Y. Y. E., Fajriyah, K., & Untari, M. F. A. (2024). Analisis Penguasaan Kosakata dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Blora. Indonesian Journal of Elementary School, 4(2), 505–525.
Ramadhan, H. I., Ghabban, M. I., ’Umsyah, K. H. A., Isma’ili, Y., ’Ali, S., Al-Qawasimiyyah, W., Syu’ban, M., Al-Syaikh, M. A., Bu’atur, T., Mukhtari, F., & Bulbake, J. (2018). Ma’ayir Maharat al-Lughah al-’Arabiyyah Linnathiqina bi Ghairiha (Issue 1, p. 60). https://www.academia.edu/36665119/كتاب_معايير_مهارات_اللغة_العربية_للناطقين_بغيرها_أبحاث_محكمة
Reznani, N. S., Nurhayati, N., & Soetopo, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Menyimak berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 6(1), 47–55.
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Septya, J. D., Widyaningsih, A., BB, I. N. K. B., & Harahap, S. H. (2022). Pembelajaran menyimak berbasis pendidikan karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 365–368.
Sriwahyuni, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Bahasa Inggris Melalui Audio-Visual bagi Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Eka Tjipta Naga Sakti Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal of Innovative and Creativity, 3(1), 25–33.
Sukatno, S. (2022). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Kegiatan Super Camp pada Siswa Kelas XII IPA 1 SMAN 1 Girimarto. Jurnal Jaringan Penelitian Pengembangan Penerapan Inovasi Pendidikan (Jarlitbang), 147–160.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.