Pengembangan E-LKPD Berbasis Web Wordwall Pada Materi Letak Geografis Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26225Keywords:
E-LKPD, Wordwall, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan produk E-LKPD berbasis Web Wordwall pada materi Letak Geografis Indonesia terhadap proses pembelajaran kelas V di SDN Ciomas 5 pada semester genap tahun ajaran 2024/2025, metode penelitian yang digunakan Research and Development dengan model penelitian ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Produk ini dibuat berdasarkan kebutuhan kemudian dibuat rancangan produk ,setelah itu dibuatlah desain produk, produk yang dibuat pada penelitian ini terdapat tiga produk E-LKPD berbasis Web Wordwall dengan menggunakan template yang berbeda-beda pada setiap topiknya. Pada penelitian ini dilakukan uji validasi kepada para ahli, yaitu ahli media, ahli bahasa dan ahli materi. hasil keseluruhan dari validitas produk sebesar 94% dengan kriteria sangat layak. Hasil rata-rata angket respon peserta didik mendapatkan persentase 85% dengan kriteria sangat layak dan nilai rata-rata N-Gain yaitu 0,6 dengan kriteria sedang. Hasil tersebut menunjukan bahwa pengembangan E-LKPD berbasis Web Wordwall sangat layak dan efektif dalam proses pembelajaran.Downloads
References
manulhaq, R., & Prastowo, A. (2022).
Edugame Wordwall : Inovasi
Pembelajaran Matematika di
Madrasah Ibtidaiyah. urnal
Pedagogos : Jurnal Pendidikan STKIP
Bima. 4 (1), 33-41.
Indriani, S., Nuryadi, Marhaeni, N. H., &
Kurniati, R. (2022). Efektivitas
Penggunaan E-LKPD Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Pemahaman Konsep Segiempat Dan
Segitiga. Jurnal Pendidikan
Tambusai, 6(1), 3959–3966.
Ketut Sri Puji Wahyuni, I Made Candiasa,
& I Made Citra Wibawa. (2021).
Pengembangan E-LKPD Berbasis
Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Mata Pelajaran Tematik Kelas Iv
Sekolah Dasar. Pendasi: Jurnal
Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2),
301–311.
Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Pen
das.V5i2.476.
DAFTAR PUSTAKA
Habsyi, R., R. M. Saleh, R., & Isman M.
Nur. (2022). Pengembangan E-LKPD
Berbasis Guided Dicovery Learning
Untuk Meningkatkan Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa. Kognitif: Jurnal
Riset Hots Pendidikan Matematika,
2(1), 1–18.
Linda, D. (2023). Analisis Kebutuhan
Pengembangan E-LKPD Berbasis
Stem-Pjbl Pada Materi Koloid Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan
Matematika Dan Sains, 11(1), 75–83.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.