Pengembangan E-LKPD Berbasis Web Wordwall Pada Materi Letak Geografis Indonesia

Authors

  • Nurul Aeni Universitas Pakuan
  • Eka Suhardi Universitas Pakuan
  • Rukmini Handayani Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26225

Keywords:

E-LKPD, Wordwall, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan produk E-LKPD berbasis Web Wordwall pada materi Letak Geografis Indonesia terhadap proses pembelajaran kelas V di SDN Ciomas 5 pada semester genap tahun ajaran 2024/2025, metode penelitian yang digunakan Research and Development dengan model penelitian ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Produk ini dibuat berdasarkan kebutuhan kemudian dibuat rancangan produk ,setelah itu dibuatlah desain produk, produk yang dibuat pada penelitian ini terdapat tiga produk E-LKPD berbasis Web Wordwall dengan menggunakan template yang berbeda-beda pada setiap topiknya. Pada penelitian ini dilakukan uji validasi kepada para ahli, yaitu ahli media, ahli bahasa dan ahli materi. hasil keseluruhan dari validitas produk sebesar 94% dengan kriteria sangat layak. Hasil rata-rata angket respon peserta didik mendapatkan persentase 85% dengan kriteria sangat layak  dan nilai rata-rata N-Gain yaitu 0,6 dengan kriteria sedang. Hasil tersebut menunjukan bahwa pengembangan E-LKPD berbasis Web Wordwall sangat layak dan efektif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

manulhaq, R., & Prastowo, A. (2022).

Edugame Wordwall : Inovasi

Pembelajaran Matematika di

Madrasah Ibtidaiyah. urnal

Pedagogos : Jurnal Pendidikan STKIP

Bima. 4 (1), 33-41.

Indriani, S., Nuryadi, Marhaeni, N. H., &

Kurniati, R. (2022). Efektivitas

Penggunaan E-LKPD Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Pemahaman Konsep Segiempat Dan

Segitiga. Jurnal Pendidikan

Tambusai, 6(1), 3959–3966.

Ketut Sri Puji Wahyuni, I Made Candiasa,

& I Made Citra Wibawa. (2021).

Pengembangan E-LKPD Berbasis

Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Mata Pelajaran Tematik Kelas Iv

Sekolah Dasar. Pendasi: Jurnal

Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2),

301–311.

Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Pen

das.V5i2.476.

DAFTAR PUSTAKA

Habsyi, R., R. M. Saleh, R., & Isman M.

Nur. (2022). Pengembangan E-LKPD

Berbasis Guided Dicovery Learning

Untuk Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kritis Siswa. Kognitif: Jurnal

Riset Hots Pendidikan Matematika,

2(1), 1–18.

Linda, D. (2023). Analisis Kebutuhan

Pengembangan E-LKPD Berbasis

Stem-Pjbl Pada Materi Koloid Untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan

Matematika Dan Sains, 11(1), 75–83.

Downloads

Published

2025-06-10