MEDIA POP UP BOOK DENGAN TEKNIK ROTARY DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS KELAS IV SD

Authors

  • LITUANIA SURYA MUTIARA NINGTYAS UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
  • Wahyu Kurniawati Universitas PGRI Yogyakarta
  • Hermawan Wahyu S Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26228

Keywords:

Learning Media , Pop Up Book , Rotary

Abstract

Media pembelajaran Pop Up Book Teknik Rotary pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 1 Trucuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas IV pada materi Tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang  terdiri dari : tahap Define (Pendefinisian), tahap Design ( Perancangan), tahap Development (Pengembangan), dan tahap Disseminate (Penyebarluasan). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar penilaian untuk Ahli Media, Ahli Materi dan Peserta Didik. Adapun hasil penelitian pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran IPAS materi Tumbuhan, diperoleh presentase 96% dari Ahli Media sehingga dinyatakan sangat valid. Adapun hasil ahli materi diperoleh presentase 94% dinyatakan sangat Valid. Hasil perhitungan respon peserta diidk diperoleh presentase sebesar 95%. Total skor berada diantara interval 81,25%-100%. Sehingga respon peserta didik terhadap media dinyatakan sangat praktis. Hasil respon guru diperoleh presentase sebesar 78,13% yang berada diantara interval 62,5%-81,25%, sehingga respon guru terhadap media dinyatakan praktis. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka media pembelajaran Pop Up Book Teknik Rotary yang dikembangkan layak digunakan atau diimplementasikan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haryanto, S., & Karyono, T. (2021,

February). Pop-up Book Illustration

Art as Expressive and Artistic

Communication Media. In 3rd

International Conference on Arts

and Design Education (ICADE

2020) (pp. 4-8). Atlantis Press.

Kurniawati, W., Bila, D. S., & Susanto,

R. A. (2023). Pendampingan

Pelatihan Pembuatan Media

Pembelajaran Pop Up Book untuk

Guru–Guru Di Kulon Progo. Jurnal

Gembira: Pengabdian Kepada

Masyarakat, 1(06), 1763-1773

Prastyani, O. D., & Kurniawati, W.

(2025). Tes Dianostik Two Tier

untuk mengidentifikasi Miskonsepsi

pada pelajaran IPAS materi

Tumbuhan di SDN

Sonosewu. Borobudur Educational

Review, 5(1), 25-32.

Sahara, A., & Silalahi, B. R. (2022).

Pengembangan Media Pop Up

Book Sebagai Media Pembelajaran

IPS Materi Keberagaman Budaya

Di Sumatera Utara Siswa Kelas IV

SD. Ability: Journal of Education

and Social Analysis, 30-36.

Sapriyah, S. (2019, May). Media

pembelajaran dalam proses belajar

mengajar. In Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2,

No. 1, pp. 470-477).

Sari, M. A., & Kurniawati, W. (2024).

E-LKPD Berbasis Probing

Prompting pada Materi Gaya untuk

Meningkatkan Prestasi Belajar

IPAS Kelas IV SD. Pendekar:

Jurnal Pendidikan

Berkarakter, 7(1), 26-33.

Novitasari, D. A., & Kurniawati, W.

(2024). MEDIA PEMBELAJARAN

POP UP BOOK DENGAN TEKNIK

V FOLDING DALAM

MENINGKATKAN PRESTASI

BELAJAR PADA PEMBELAJARAN

IPAS KELAS IV. Didaktik: Jurnal

Ilmiah PGSD STKIP

Subang, 10(3), 221-232.

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020).

Pengembangan Media

Pembelajaran Pop–Up Book Untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar

Siswa Kelas IV SD. Edunesia:

Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10-

16.

Yunus, M. M. (2025). PENGARUH

PENDEKATAN TEACHING AT

THE RIGHT LEVEL TERHADAP

HASIL BELAJAR IPAS SISWA

KELAS V UPT SPF SDI HARTACO

INDAH KECAMATAN

TAMALATE. Pendas: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 10(01), 161-

175.

Zulham, M., & Putri, I. D. A. (2024).

Pengaruh Penggunaan Media Pop

Up Book terhadap Kemampuan

Menulis Puisi. Jurnal Onoma:

Pendidikan, Bahasa, dan

Sastra, 10(3), 2667-2676.

Downloads

Published

2025-06-08