MEDIA POP UP BOOK DENGAN TEKNIK ROTARY DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26228Keywords:
Learning Media , Pop Up Book , RotaryAbstract
Media pembelajaran Pop Up Book Teknik Rotary pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 1 Trucuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas IV pada materi Tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari : tahap Define (Pendefinisian), tahap Design ( Perancangan), tahap Development (Pengembangan), dan tahap Disseminate (Penyebarluasan). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar penilaian untuk Ahli Media, Ahli Materi dan Peserta Didik. Adapun hasil penelitian pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran IPAS materi Tumbuhan, diperoleh presentase 96% dari Ahli Media sehingga dinyatakan sangat valid. Adapun hasil ahli materi diperoleh presentase 94% dinyatakan sangat Valid. Hasil perhitungan respon peserta diidk diperoleh presentase sebesar 95%. Total skor berada diantara interval 81,25%-100%. Sehingga respon peserta didik terhadap media dinyatakan sangat praktis. Hasil respon guru diperoleh presentase sebesar 78,13% yang berada diantara interval 62,5%-81,25%, sehingga respon guru terhadap media dinyatakan praktis. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka media pembelajaran Pop Up Book Teknik Rotary yang dikembangkan layak digunakan atau diimplementasikan dalam pembelajaran.Downloads
References
Haryanto, S., & Karyono, T. (2021,
February). Pop-up Book Illustration
Art as Expressive and Artistic
Communication Media. In 3rd
International Conference on Arts
and Design Education (ICADE
2020) (pp. 4-8). Atlantis Press.
Kurniawati, W., Bila, D. S., & Susanto,
R. A. (2023). Pendampingan
Pelatihan Pembuatan Media
Pembelajaran Pop Up Book untuk
Guru–Guru Di Kulon Progo. Jurnal
Gembira: Pengabdian Kepada
Masyarakat, 1(06), 1763-1773
Prastyani, O. D., & Kurniawati, W.
(2025). Tes Dianostik Two Tier
untuk mengidentifikasi Miskonsepsi
pada pelajaran IPAS materi
Tumbuhan di SDN
Sonosewu. Borobudur Educational
Review, 5(1), 25-32.
Sahara, A., & Silalahi, B. R. (2022).
Pengembangan Media Pop Up
Book Sebagai Media Pembelajaran
IPS Materi Keberagaman Budaya
Di Sumatera Utara Siswa Kelas IV
SD. Ability: Journal of Education
and Social Analysis, 30-36.
Sapriyah, S. (2019, May). Media
pembelajaran dalam proses belajar
mengajar. In Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2,
No. 1, pp. 470-477).
Sari, M. A., & Kurniawati, W. (2024).
E-LKPD Berbasis Probing
Prompting pada Materi Gaya untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar
IPAS Kelas IV SD. Pendekar:
Jurnal Pendidikan
Berkarakter, 7(1), 26-33.
Novitasari, D. A., & Kurniawati, W.
(2024). MEDIA PEMBELAJARAN
POP UP BOOK DENGAN TEKNIK
V FOLDING DALAM
MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR PADA PEMBELAJARAN
IPAS KELAS IV. Didaktik: Jurnal
Ilmiah PGSD STKIP
Subang, 10(3), 221-232.
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020).
Pengembangan Media
Pembelajaran Pop–Up Book Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa Kelas IV SD. Edunesia:
Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10-
16.
Yunus, M. M. (2025). PENGARUH
PENDEKATAN TEACHING AT
THE RIGHT LEVEL TERHADAP
HASIL BELAJAR IPAS SISWA
KELAS V UPT SPF SDI HARTACO
INDAH KECAMATAN
TAMALATE. Pendas: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 10(01), 161-
175.
Zulham, M., & Putri, I. D. A. (2024).
Pengaruh Penggunaan Media Pop
Up Book terhadap Kemampuan
Menulis Puisi. Jurnal Onoma:
Pendidikan, Bahasa, dan
Sastra, 10(3), 2667-2676.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.